Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Materi Bagian Tumbuhan The Influence of Guided Inquiry Method Towards Students’ Grade IV Science in Theme of Plants Learning Outcomes

Inayati, Iin and Nugraha, Enung and Saefurohman, Asep (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Materi Bagian Tumbuhan The Influence of Guided Inquiry Method Towards Students’ Grade IV Science in Theme of Plants Learning Outcomes. Ibtidai: Jurnal Kependidikan Dasar, Vol.7. pp. 59-72. ISSN p-ISSN: 2407-3571, e-ISSN:2654-4245

[img]
Pra Tinjau
Teks
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MATERI BAGIAN TUMBUHAN.pdf

Download (271kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan bagian tumbuhan di kelas IV MI Ashabul Maimanah Sidayu tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah Pre-Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design dengan sampel 19 siswa. Tahap uji instrument yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing memperoleh rata-rata nilai pretest 39,32 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 78,10, kemudian dianalisis dengan uji hipotesis (uji t). setelah data dari pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t yang menunjukan thitung = 12,42 dan ttabel = 1,740 dengan df = 19 dan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian, thitung ≥ ttabel yaitu 12,42 ≥ 1,740, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar IPA materi bagian tumbuhan di kelas IV MI Ashabul Maimanah Sidayu tahun pelajaran 2019

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil belajar IPA
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 21 Mar 2023 10:59
Perubahan Terakhir: 31 Okt 2023 07:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11711

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.