Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Mi Pada Materi Sifat Dan Perubahan Wujud Benda The Effect of Experimental Methods on Understanding of Elemntary Students Concept of Nature and Changes in the Form of Things

Herawati, Lily and Saefurohman, Asep and Juhji, (2019) Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Mi Pada Materi Sifat Dan Perubahan Wujud Benda The Effect of Experimental Methods on Understanding of Elemntary Students Concept of Nature and Changes in the Form of Things. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, Vol.11. ISSN p-ISSN: 2086-1362, e-ISSN: 2623-2685. –

[img]
Pra Tinjau
Teks
PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA MI PADA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA.pdf

Download (125kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode eksperimen terhadap pemahaman konsep sifat dan perubahan wujud benda pada siswa kelas 5 di MIN 2 Serang. Metode ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan sebanyak 28 orang siswa. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilhan ganda dengan tingkat pemahaman yang diperoleh siswa pada pretest sebesar 40.25 sementara itu nilai rata-rata posttest 77. Data yang diperoleh dari pretest dan posttest terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, hipotesis diuji dan diperoleh hasil t hitung 4.532 dan nilai ttable 1.706 dengan dk = 26 dan significant level 0.05. Berdasarkan kriteria t hitung>ttable. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen mempengaruhi pemahaman konsep sifat dan perubahan wujud benda di kelas V MIN 2 Serang.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): metode eksperimental, nature dan perubahan wujud benda
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 21 Mar 2023 10:59
Perubahan Terakhir: 13 Okt 2023 03:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11710

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.