Pola Komunikasi Antara Pembina dan Santri dalam Program Menghafal Al- Qur’an di SDIT Bina Insan Kragilan

Hatami, Mohammad Manarul (2023) Pola Komunikasi Antara Pembina dan Santri dalam Program Menghafal Al- Qur’an di SDIT Bina Insan Kragilan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330070_COVER.pdf

Download (152kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330070_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (511kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330070_BAB I.pdf

Download (352kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_171330070_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (358kB)
[img] Teks
S_KPI_171330070_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (186kB)
[img] Teks
S_KPI_171330070_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (349kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330070_BAB V.pdf

Download (156kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330070_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pembina merupakan salah satu yang menjadi pemicu para minat santri dalam menghafal Al-Qur’an. Untuk mencapai agar santri SDIT Bina Insan Kragilan dapat menghafal Al-Qur’an sesuai target yang telah ditentukan. Maka dari itu dibutuhkan suasan pendekatan komunikasi yang baik antara pembina dan santri sehingga menimbulkan keharmonisan bagi komunikan, karena pesan dari komunikator dapat dipahami dengan baik. Berdasarkan uraian di atas maka dirumuskan masalah : Bagaimana pola komunikasi kelompok antara pembina dan santri dalam program menghafal Al- Qur’an di SDIT Bina Insan Kragilan melalui dakwah halaqoh, Bagaimana pola komunikasi antarpribadi antara pembina dan santri dalam program menghafal Al- Qur’an di SDIT Bina Insan Kragilan melalui dakwah fardiyah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pola komunikasi kelompok antara pembina dan santri dalam program menghafal Al-Qur’an di SDIT Bina Insan Kragilan melalui dakwah halaqoh. Untuk mengetahui pola komunikasi antarpribadi antara pembina dan santri dalam program menghafal Al-Qur’an di SDIT Bina Insan Kragilan melalui dakwah fardiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pola komunikasi antara pembina dan santri dalam program menghafal Al-Qur’an yaitu 1). komunikasi kelompok melalui dakwah halaqoh yakni pola roda dan pola bintang, yang mana pola roda ini ditemukan saat kegiatan halaqoh, dimana pembina memberikan motivasi atau arahan kepada santri. pola bintang yang di temukan pada proses komunikasi antara pembina dan santri adalah ketika pembina memberikan arahan atau motivasi dan santri tidak segan untuk bertanya mengenai hafalannya atau pertanyaan lainnya. Pada pola bintang ini adanya timbal balik atau respon dari komunikan. 2). komunikasi antarpribadi antara pembina dan santri melalui dakwah fardiyah. Yaitu pembina melakukan komunikasi secara face to face atau tatap muka. Dalam komunikasi ini memiliki pengaruh yang dominan terhadap komunikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pola Komunikasi, Komunikasi Kelompok, Komunikasi Antarpribadi, Pembina, Santri, Menghafal Al-Qur’an, SDIT Bina Insan Kragilan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 21 Mar 2023 06:16
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11698

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.