Peran Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Sikap Keberagaman dan Moderasi Beragama

Mubarok, Mochamad Gilang and Muslihah, Eneng (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Sikap Keberagaman dan Moderasi Beragama. Geneologi PAI Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1). ISSN 2407-4616

[img]
Pra Tinjau
Teks
Peran Guru Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (317kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Guru memberikan pengaruh begitu besar dalam membentuk sikap, karakter pribadi peserta didiknya, salah satu dari beberapa sikap peserta didik yang menjadi sorotan akir-akhir ini adalah sikap keberagamaan dan moderasi beragama, merupakan tujuan dari penelitian ini adalah meneliti sejauh mana peran seorang guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap tersebut serta menyeimbangkannya dalam prilaku. Dengan menggunkan pendekatan kualitatif, berdasarkan hasil observasi dan wawancara, Peneliti menyimpulkan bahwa guru pendidikan agama Islam sangat berperan dalam membentuk sikap keberagamaan dan moderasi beragama. Hal ini dibuktikan dengan langkah dan upaya konkrit para guru dalam membentuk sikap tersebut pada peserta didiknya melalui dua pendekatan secara internal maupun eksternal, diantara upaya yang paling siginifikan pengaruhnya adalah adanya pendampingan para guru terhadap peserta didiknya dalam mengakses sumber keilmuan, adanya program dialog dan diskusi beragama. Indikasinya para siswa yang dominan para remaja ini lebih berhati-hati dalam bersikap, berprilaku, beragama dan lebih menghargai kemajemukan. Hal ini mengindikasikan bahwa guru Pendidikan agama Islam sangat berperan atas hal tersebut.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Peran Guru, Keberagaman, Moderasi Beragama
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 15 Mar 2023 09:50
Perubahan Terakhir: 15 Mar 2023 09:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11674

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.