Mubarok, Mochamad Gilang and Muslihah, Eneng (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Sikap Keberagaman dan Moderasi Beragama. Geneologi PAI Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1). ISSN 2407-4616
|
Teks
Peran Guru Pendidikan Agama Islam.pdf Download (317kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Guru memberikan pengaruh begitu besar dalam membentuk sikap, karakter pribadi peserta didiknya, salah satu dari beberapa sikap peserta didik yang menjadi sorotan akir-akhir ini adalah sikap keberagamaan dan moderasi beragama, merupakan tujuan dari penelitian ini adalah meneliti sejauh mana peran seorang guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap tersebut serta menyeimbangkannya dalam prilaku. Dengan menggunkan pendekatan kualitatif, berdasarkan hasil observasi dan wawancara, Peneliti menyimpulkan bahwa guru pendidikan agama Islam sangat berperan dalam membentuk sikap keberagamaan dan moderasi beragama. Hal ini dibuktikan dengan langkah dan upaya konkrit para guru dalam membentuk sikap tersebut pada peserta didiknya melalui dua pendekatan secara internal maupun eksternal, diantara upaya yang paling siginifikan pengaruhnya adalah adanya pendampingan para guru terhadap peserta didiknya dalam mengakses sumber keilmuan, adanya program dialog dan diskusi beragama. Indikasinya para siswa yang dominan para remaja ini lebih berhati-hati dalam bersikap, berprilaku, beragama dan lebih menghargai kemajemukan. Hal ini mengindikasikan bahwa guru Pendidikan agama Islam sangat berperan atas hal tersebut.
Tipe Item/Data: | Artikel |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Peran Guru, Keberagaman, Moderasi Beragama |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 15 Mar 2023 09:50 |
Perubahan Terakhir: | 15 Mar 2023 09:50 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11674 |
Actions (login required)
Lihat Item |