Metode Pembelajaran Diskusi dan Sorogan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Fath Al-Qorib (Studi di Pondok Pesantren Attoyyibiyyah Cikande Kabupaten Serang)

Aliudin, Aliudin and Muslihah, Eneng (2019) Metode Pembelajaran Diskusi dan Sorogan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Fath Al-Qorib (Studi di Pondok Pesantren Attoyyibiyyah Cikande Kabupaten Serang). Qathruna: Jurnal Keilmuan dan Pendidikan, 6(1). pp. 141-167. ISSN 2776-5563

[img]
Pra Tinjau
Teks
Metode Pembelajaran Diskusi dan Sorogan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Fath Al-Qorib.pdf

Download (747kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Pelaksanaan metode diskusi di Pondok Pesantren Attoyyibiyyah Cikande Kabupaten Serang 2) Pelaksanaan metode sorogan di Pondok Pesantren Attoyyibiyyah Cikande Kabupaten Serang 3) Kontribusi metode diskusi dan sorogan untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab fath al-qorib. 4)Perbandingan kontribusi metode diskusi dan sorogan untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab fath al-qorib. Penelitian ini adalah metode penelitian mix method research. Responden sebanyak 40 santri, pengumpulan data menggunakan angket dan tes untuk mengetahui kontribusi peningkatan kemampuan membaca kitab fath al-qorib. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan adalah teknik triangulasi data, sedangkan data kuantitatif dengan analisis statistik. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Metode diskusi dilaksanakan tiga kali dalam sepekan yaitu; setiap malam Sabtu, malam Senin dan malam rabu Pukul 20.00 WIB – 22.00, kitab yang dikaji adalah kitab “Fath Al-qorib” Teknik pelaksanaan; pertama, santri duduk dalam majlis, santri yang mendapat tugas diskusi maju ke depan. kedua, diawali dengan do‟a, selanjutnya membaca materi yang akan disampaikan dan murodi. Ketiga, Santri dipersilahkan untuk bertanya, kemudian didiskusikan, selanjutnya ustadz menjelaskan materinya dan terakhir diakhiri dengan do‟a. 2) Metode sorogan dilaksanakan setiap senin sore, kitab yang dikaji adalah kitab “Fath Al-qorib” Teknik pelaksanaan; pertama, dilaksanakan dengan cara santri membacakan kembali kitab yang sudah dibacakan oleh Ustadz. kedua, sang guru menyimak bacaan santri dan penjelasan materi. 3) Kontribusi metode diskusi yaitu 94% dan metode sorogan sebesar 40,96% 4) Perbandingan Kontribusi metode diskusi dan sorogan metode diskusi lebih besar kontribusinya dibandingkan metode sorogan.

Tipe Item/Data: Artikel
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 15 Mar 2023 08:39
Perubahan Terakhir: 15 Mar 2023 08:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11670

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.