Pesantren dan Pengembangan Pendidikan Perdamaian (Studi Kasus di Pesantren An-Nidzomiyyah Labuan Pandeglang Banten)

Muslihah, Eneng (2014) Pesantren dan Pengembangan Pendidikan Perdamaian (Studi Kasus di Pesantren An-Nidzomiyyah Labuan Pandeglang Banten). ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman, 14(2). pp. 311-340. ISSN 2088-9046

[img]
Pra Tinjau
Teks
Pesantren dan Pengembangan Pendidikan Perdamaian.pdf

Download (610kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Artikel ini mencoba mengulas pola pendidikan Islam perdamaian dan pengaruhnya terhadap deradikalisasi terorisme. Penelitian dilakukan pada santri pondok pesantren An-Nidzomiyah jenjang Madrasah Aliyah Labuan Pandeglang Banten. Pengambilan data dilakukan melalui instrumen berupa angket yang disebarkan kepada sejumlah 70 orang responden yang dipilih dan ditetapkan secara acak. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, tingkat pendidikan Islam perdamaian mencapai 85 % , sementara tingkat deradikalisasi terorisme mencapai 81%, yang menunjukkan kategori tinggi dan memuaskan. Kedua terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan Islam perdamaian terhadap deradikalisasi terorisme yang ditunjukkan dengan skore 20,40%. Sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang masih harus diteliti. Ketiga semakin tinggi tingkat pendidikan Islam perdamaian semakin tinggi pula deradikalisasi terorisme.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Pendidikan Islam; Perdamaian, Deradikalisasi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 15 Mar 2023 07:46
Perubahan Terakhir: 15 Mar 2023 07:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11665

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.