Muslihah, Eneng (2014) Pesantren dan Pengembangan Pendidikan Perdamaian (Studi Kasus di Pesantren An-Nidzomiyyah Labuan Pandeglang Banten). ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman, 14(2). pp. 311-340. ISSN 2088-9046
|
Teks
Pesantren dan Pengembangan Pendidikan Perdamaian.pdf Download (610kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Artikel ini mencoba mengulas pola pendidikan Islam perdamaian dan pengaruhnya terhadap deradikalisasi terorisme. Penelitian dilakukan pada santri pondok pesantren An-Nidzomiyah jenjang Madrasah Aliyah Labuan Pandeglang Banten. Pengambilan data dilakukan melalui instrumen berupa angket yang disebarkan kepada sejumlah 70 orang responden yang dipilih dan ditetapkan secara acak. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, tingkat pendidikan Islam perdamaian mencapai 85 % , sementara tingkat deradikalisasi terorisme mencapai 81%, yang menunjukkan kategori tinggi dan memuaskan. Kedua terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan Islam perdamaian terhadap deradikalisasi terorisme yang ditunjukkan dengan skore 20,40%. Sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang masih harus diteliti. Ketiga semakin tinggi tingkat pendidikan Islam perdamaian semakin tinggi pula deradikalisasi terorisme.
Tipe Item/Data: | Artikel |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pendidikan Islam; Perdamaian, Deradikalisasi |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 15 Mar 2023 07:46 |
Perubahan Terakhir: | 15 Mar 2023 07:46 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11665 |
Actions (login required)
Lihat Item |