Strategi Training Dakwah Santri dalam Melatih Kemampuan Public Speaking Santri (Studi Kasus Santri di Pondok Pesantren Ath-Thahiriyah Kaloran Serang - Banten)

kumala, Nur Indah (2023) Strategi Training Dakwah Santri dalam Melatih Kemampuan Public Speaking Santri (Studi Kasus Santri di Pondok Pesantren Ath-Thahiriyah Kaloran Serang - Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510026_COVER.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510026_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (405kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510026_BAB I.pdf

Download (430kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_191510026_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (320kB)
[img] Teks
S_KPI_191510026_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (191kB)
[img] Teks
S_KPI_191510026_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (429kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510026_BAB V.pdf

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510026_Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Training Dakwah Santri (TDS) merupakan program unggulan yang ada di Pondok Pesantren Ath-Thahiriyah. Dimana kegiatan TDS dilaksanakan agar para santri bisa terlatih dalam kemampuan Public Speaking, seni, dan berdakwah. Program ini berada dibawah naungan bidang Seni dan Dakwah (SENDA) pondok Pesantren AthThahiriyah. Program ini dilaksanakan selama 3 bulan dengan tahap seleksi perminggu, Final, dan grand final. Untuk menghasilkan penelitian yang relavan, maka penulis mengajukan rumusan masalah sebagai berikut ; 1) Bagaimana strategi Training Dakwah Santri (TDS) di Pondok Pesantren Ath-Thahiriyah. 2) Apa urgensi kegiatan Training Dakwah Santri (TDS) dalam melatih kemampuan public speaking santri. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan Training Dakwah Santri (TDS). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana program Training Dakwah santri (TDS) di Pondok Pesantren Ath-Thahiriyah. 2) Untuk mengetahui urgensi kegiatan Training Dakwah Santri (TDS) di Pondok Pesantren Ath-Thahiriyah. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan hambatan dalam kegiatan Training Dakwah Santri (TDS). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis melakukan wawancara dengan 17 responden. Penelitian ini menggunakan model komunikasi Aristoteles, dimana model komunikasi ini berkaitan dengan public speaking. Dari hasil penelitian, penulis menemukan bahwa terdapat strategi yang digunakan dalam pelaksanaan TDS. Adapun strategi yang dilakukan bidang SENDA adalah : 1) Menentukan petugas TDS, 2) Melakukan rapat bidang SENDA, 3) Mengumumkan petugas TDS, 4) Melakukan mentoring, 5) Mempersiapkan sarana dan prasarana, 6) Pelaksanaan TDS (seleksi mingguan, bulanan, final, grand final), 7) Mengumumkan pemenang TDS, 8) Tahap evaluasi setelah pelaksanaan TDS. Urgensi diadakannya TDS ini adalah untuk Melatih kemampuan santri dalam public speaking, melatih mental keberanian dan kreativitas santri. Faktor pendukung tersebut meliputi : 1) Tempat, sarana dan prasarana yang memadai, 2). Konsep pelaksanaan dan kerja sama, 3). Istinbat, 4). Adanya motivasi dan apresiasi, 5). bimbingan dari bidang SENDA. Adapun Faktor penghambat meliputi: 1) Hambatan mengkondisikan santri, 2) segi waktu pelaksanaan, 3) Kurang terjalin kerja sama antar anggota bidang SENDA, 4) menentukan dan melatih petugas TDS, 5) kurangnya waktu dalam latihan, 6) menyusun materi dan rasa percaya diri. Santri yang mengikuti kegiatan TDS ini menjadi lebih berani untuk tampil di depan umum, bisa mengembangkan skill yang dimiliki dengan mengikuti perlombaan di luar, dan menjadi petugas dalam kegiatan di Pondok Pesantren Ath- Thahiriyah. Kedepannya diharapkan ada pelatih khusus dari luar untuk cabang puisi dan dakwah agar santri bisa lebih maksimal dalam penampilannya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Komunikasi Aristoteles, Public Speaking, Training Dakwah Santri (TDS)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Mar 2023 07:30
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11661

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.