Mujarobat: Solusi Problematika Sosial Masyarakat Banten

Wardah, Eva Syarifah and Lidya, Astri (2020) Mujarobat: Solusi Problematika Sosial Masyarakat Banten. In: Proceeding of 2nd Seminar International Literature Nusantara Silin-2, 26-28 November 2019, Fakultas Ushuluddin dan Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Mujarobat Solusi Problematika Sosial Masyarakat Banten.pdf

Download (596kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kehidupan manusia selalu dihadapkan dengan ragam persoalan hidup, seperti tentang pekerjaan, jodoh, posisi jabatan, dagangan laris manis, mencari orang atau barang hilang, pengobatan berbagai jenis penyakit, dan bahkan hingga catur perpolitikan tingkat lokal maupun nasional. Kehadiran agama menjadi acuan untuk jalan penyelesaian, sebagaimana yang terekam dalam memori kolektif budaya masyarakat Banten dulu dan kini yang tidak lepas dari peran ahli hikmah maupun wong pinter. Naktu dan rajah menjadi suatu media yang digunakan, sebagai bentuk dalam ikhtiar masyarakat menyelesaikan masalah. Naktu atau disebut juga prediksi berdasarkan perhitungan digunakan untuk mencari tahu baik-buruknya sesuatu yang akan dihadapi, dengan menghitung naktu berdasarkannama, hari, dan bulan Hijriyah. Adapun rajah yaitu suratan berupa gambar, tanda, doa, dan mantra yang biasa dipakai untuk azimat maupun wafak.Selain terekam dalam konteks budaya masyarakat Banten, hal tersebut juga terekam dalam sebuah catatan teks kitab mujarobat, yang digunakan oleh kalangan ahli hikmah maupun wong pinter. Salah satunya yaitu teks mujarobat yang disalin oleh Ki Saindang seorang ahli hikmah pada masanya yang berasal dari Katupang-Cikeusal.

Tipe Item/Data: Konferensi atau Ihwal Lokakarya (Paper)
Kata Kunci (keywords): Mujarobat, Problematika Sosial, Masyarakat Banten
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 15 Mar 2023 06:44
Perubahan Terakhir: 15 Mar 2023 06:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11660

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.