Tinjauan Hukum Islam Terhadap Tradisi Penentuan Hari Pernikahan Berdasarkan Hitungan Aksara Jawa (Studi Kasus di Desa Cemplang Kecamatan Jawilan Kabupaten Serang)

Madaniyah, Vivi Nurul (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Tradisi Penentuan Hari Pernikahan Berdasarkan Hitungan Aksara Jawa (Studi Kasus di Desa Cemplang Kecamatan Jawilan Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110092_COVER.pdf

Download (118kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110092_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110092_BAB I.pdf

Download (371kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_181110092_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (189kB)
[img] Teks
S_HKI_181110092_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (739kB)
[img] Teks
S_HKI_181110092_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (488kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110092_BAB V.pdf

Download (194kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110092_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (719kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pernikahaan menurut hukum Islam ialah suatu akad yang menghalalkan hubungan antara laki-laki dan perempuan untuk mewujudkan kebahagiaan dalam ridha Allah SWT. Dalam pelaksanaannya, Pernikahan disesuaikan dengan agama masing-masing dan tradisi atau adat istiadat di daerahnya. Seperti di desa Cemplang kecamatan Jawilan terdapat tradisi penentuan hari pernikahan berdasarkan hitungan aksara jawa. Hal ini di lakukan sebagai bentuk ikhtiar untuk mencari hari baik dalam melangsungkan pernikahan. Adapun perumusan masalahnya adalah: 1. Bagaimana praktek tradisi penentuan hari pernikahan berdasarkan hitungan aksara jawa di desa Cemplang kecamatan Jawilan kabupaten Serang? 2. Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap tradisi penentuan hari pernikahan berdasarkan hitungan aksara jawa di desa Cemplang kecamatan Jawilan kabupaten Serang? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana praktek tradisi penentuan hari pernikahan berdasarkan hitungan aksara jawa di desa Cemplang kecamatan Jawilan kabupaten Serang. 2. Untuk menganalisis bagaimana pandangan hukum Islam terhadap tradisi penentuan hari pernikahan berdasarkan hitungan aksara jawa di desa cemplang kecamatan Jawilan kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris. Dimana dalam penelitian ini penulis langsung meneliti ditempat terkait untuk mendapatkan informasi dan data langsung dari tokoh adat, serta masyarakat setempat yang terlibat dalam praktek penentuan hari pernikahan berdasarkan hitungan aksara jawa kemudian dihubungkan dengan data berupa buku rujukan. Hasil dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa: Praktek tradisi penentuan hari pernikahan berdasarkan hitungan aksara jawa di desa Cemplang kecamatan Jawilan yaitu dilakukan dengan cara mendatangi tokoh adat, kemudian dihitung nama kedua calon pengantin menggunakan rumus hitungan aksara jawa. Setelah itu hasilnya dijumlahkan dengan hari serta tanggal dalam bulan hijriah, apabila hasil akhir dari hitungan tersebut menyisakan angka 1 atau 2, maka hari tersebut termasuk dalam hari baik untuk melangsungkan pernikahan. Tradisi penentuan hari pernikahan berdasarkan hitungan aksara jawa di desa Cemplang dalam hukum Islam sendiri tidak ada dalil khusus yang membahas tradisi ini, akan tetapi jika dianalisis menggunakan „urf maka tradisi ini dianggap sahih. Karena dalam pelaksanaannya tidak terdapat praktik yang bertentangan dengan syariat Islam. Artinya tradisi ini hukumnya mubah/boleh diterapkan. Akan tetapi, perlu ditegaskan lagi bahwa semua kehidupan atau takdir manusia yang menentukan adalah Allah S WT, manusia hanya bisa berencana dan berusaha.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penikahan, Hukum Islam, Aksara Jawa
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.31 Nikah > 2x4.316 Walimah nikah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 13 Mar 2023 02:25
Perubahan Terakhir: 13 Mar 2023 02:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11641

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.