Tidak Dijelaskan (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (Vak) Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi di SMK IT Al-Halim Bojong Pandeglang). Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.7. pp. 137-163. ISSN p-ISSN: 2407-4616 e-ISSN:2654-3575
|
Teks
3608-Pengaruh Model Pembelajaran...........pdf Download (422kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Salah satu untuk upaya untuk menciptakan peran aktif dan hasil belajar siswa adalah dengan penerapan model yang bervariasi. Salah satu contoh model yang digunakan adalah pembelajaran dengan model visualisasi, auditori, kinestetik yang selanjutnya disingkat model VAK. Model ini difokuskan pada pemberian pengalaan belajar secara langsung (direct experimence) dan menyenangkan.Penelitian ini bertujuan untu mengetahui seberapa tinggi pengaruh penggunaan model pembelajaran pembelajaran VAK (visualisasi, auditori, kinestetik) Dan Kreativitas siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas XI SMK Al-Halim Bojong Pandeglang. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan design Quasi experiment yaitu pretestPost-test Control group Design. Terdapat 2 kelompok yang dipiliih, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperiment yaitu pembelajaran yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran VAK (visualisasi, auditori, kinestetik) dan kreativitas siswa dan kelompok kontrol menda patkan perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK), Dan Kreativitas Siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Selain itu terdapat perbedaan hasil belajar PAI dengan menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Dan Kreativitas Siswa dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Dan Kreativitas siswa.
Tipe Item/Data: | Artikel |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran, Visualization, Auditory, Kinestetic, Kreativitas, Hasil Belajar |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 10 Mar 2023 07:09 |
Perubahan Terakhir: | 31 Okt 2023 07:25 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11631 |
Actions (login required)
Lihat Item |