Upaya Baitul Maal Wa Tamwil Bertahan Di Masa Pandemi Covid-19

Fauzi, Muhamad and Gunawan, Agus and Darussalam, Ahmad (2020) Upaya Baitul Maal Wa Tamwil Bertahan Di Masa Pandemi Covid-19. AL-URBAN: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, Vol.4. pp. 41-152. ISSN p-ISSN: 2580-3360 e-ISSN: 2581-2874

[img]
Pra Tinjau
Teks
Upaya_Baitul_Maal_Wa_Tamwil_Bertahan_Di.pdf

Download (150kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan kajian ini mengetahui upaya yang dilakukan BMT bertahan dalam situasi pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan kajian literatur dengan pendekatan dekriptif dan teknik analisis triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik BMT ditengah masyarakat menengah tetap eksis meskipun dalam masa krisis, tingkat kepercayaan masyarakat akan BMT masih menjanjikan memberi alternatif pembiayaan, adanya kebijakan pemerintah yang berfokus pada penyelamatan lembaga keuangan syariah, adanya kebijakan pengembangan BMT antara lain: likuiditas menjadi prioritas, faktor likuiditas dari simpanan di monitoring, dan pengendalian lending atau pembiayaan serta adanya upaya bertahan BMT dengan bantuan likuiditas, relaksasi, jaring pengaman sosial, satuan tugas penanganan dampak Covid-19 pada sektor keuangan mikro syariah, lembaga penjamin simpanan (LPS) bagi keuangan mikro, pengawasan dan pelaporan yang efektif, ekosistem digital bisnis dengan penerapan human touch and technology.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Pandemi; Bertahan; Digital Bisnis
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 10 Mar 2023 07:10
Perubahan Terakhir: 10 Mar 2023 07:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11618

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.