Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang

Sari, Mia Zultrianti and Gunawan, Agus and Fitriyan, Yani and Hilaliyah, Nurul (2023) Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. DWIJA CENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik, Vol.7. ISSN 2581-1843 (Print) 2581-1835 (Online)

[img]
Pra Tinjau
Teks
Pengaruh Minat baca.......pdf

Download (264kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas tinggi yang berjumlah 197 siswa. Pengumpulan data yang digunakan berupa angket berskala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan minat baca terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas tinggi di SDN 1 Ciporang Kabupaten Kuningan. Hasil pengolahan data bahwa minat baca siswa menurut persepsi responden mencapai 43,66% termasuk kategori kriterium sedang dan hasil belajar siswa mencapai 62,95% termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil analsis uji hipotesis diperoleh t hitung (7,734) > sig (0,000) maka koefisien regresi X dan Y yang diuji adalah signifikan. Maka hasil penelitian menunjukan bahwa minat baca memiliki kesinambungan dengan hasil belajar hal tersebut didapat dari hasil presentase hasil belajar siswa bahasa Indonesia siswa kelas tinggi SDN 1 Ciporang.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): minat baca, hasil belajar, bahasa indonesia
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 10 Mar 2023 07:11
Perubahan Terakhir: 10 Mar 2023 07:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11615

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.