Efektivitas Pembiayaan KPR Syariah Terhadap Nasabah Berpenghasilan Rendah (Studi Kasus Pada BTN Syariah KC Serang)

Cahya, Auliya Dwi (2023) Efektivitas Pembiayaan KPR Syariah Terhadap Nasabah Berpenghasilan Rendah (Studi Kasus Pada BTN Syariah KC Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_161420049_COVER.pdf

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_161420049_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (492kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_161420049_BAB I.pdf

Download (310kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PBS_161420049_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (604kB)
[img] Teks
S_PBS_161420049_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (184kB)
[img] Teks
S_PBS_161420049_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (606kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_161420049_BAB V.pdf

Download (152kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_161420049_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, seluruh golongan masyarakat berkeinginan untuk memiliki rumah begitu juga dengan golongan masyarakat berpenghasilan rendah. Namun sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum memiliki rumah, dan masalah yang paling sering ditemui adalah keterbatasan dana untuk pembelian rumah. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan bantuan kredit pemilikan rumah untuk masyarakat yang tidak memiliki rumah melalui perbankan. Dalam pemenuhan kebutuhan untuk rumah adanya batasan-batasan yang ditetapkan oleh perbankan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pembiayaan KPR syariah terhadap nasabah berpenghasilan rendah?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembiayaan KPR syariah terhadap nasabah berpenghasilan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Field Research dan Library Research yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, display (Penyajian) data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya menunjukan: secara keseluruhan pembiayaan KPR syariah di BTN syariah KC Serang terhadap nasabah berpenghasilan rendah sudah berjalan dengan efektif. Saat ini BTN syariah KC Serang memiliki beberapa produk pembiayaan KPR subsidi untuk nasabah berpenghasilan rendah dan untuk penyaluran sudah dibagi-bagi sesuai dengan ketentuan dan berbagai persyaratan, juga dengan adanya minimal batasan penghasilan yang harus dimiliki. Adanya batasan minimal penghasilan masih belum efektif dan belum sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 552/KPTS/M/2016 tentang batasan penghasilan, hal tersebut terkait resiko yang akan dihadapi bank jika terjadi resiko kredit. Pelaksanaan akad murabahah dan akad musyarakah mutanaqisah yang digunakan dalam praktek penyaluran produk pembiayaan KPR syariah bersubsidi pada BTN syariah Serang sudah efektif karena sudah sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional dan adanya landasan hukum Al-Qur’an mengenai akad Murabahah dan akad Musyarakah Mutanaqisah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Rumah, KPR syariah, Masyarakat Berpenghasilan Rendah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 10 Mar 2023 02:53
Perubahan Terakhir: 10 Mar 2023 02:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11606

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.