Praktik Pembayaran Upah Menggunakan Beras dan Uang dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Penggilingan Padi Desa Tamiang Kecematan Gunung Kaler)

Aprilia, Widya Eka (2023) Praktik Pembayaran Upah Menggunakan Beras dan Uang dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Penggilingan Padi Desa Tamiang Kecematan Gunung Kaler). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410007_COVER.pdf

Download (101kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410007_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410007_BAB I.pdf

Download (502kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_ES_181410007_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (446kB)
[img] Teks
S_ES_181410007_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (184kB)
[img] Teks
S_ES_181410007_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (388kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410007_BAB V.pdf

Download (8kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410007_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (952kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian dilakukan di pabrik penggilingan padi Desa Tamiang Kecematan Gunung Kaler untuk mengetahui bagaimana Peraktik Pengupahan yang dilakukan, karena praktik pengupahan yang dilakukan selama ini tidak adanya akad diawal dan pemotongan upah menggunakan beras hanya dilakukan oleh satu pihak saja hal ini memungkinkan adanya kecurangan dan merugikan salah satu pihak. Hal ini bertentangan dengan syarat dan rukun pengupahan meskipun hal tersebut sudah termasuk adat kebiasaan masyarakat setempat. Perumusan masalah dalam penelitian ini 1).Bagaimana Praktik Pembayaran Upah Penggilingan Padi di Desa Tamiang Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang? 2). Bagaimana Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Praktik Pembayaran Upah Penggilingan Padi di Desa Taming Kecamatan Gunung Kaler Kabupaten Tangerang? Tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk Mengetahui Praktik Pembayaran Upah Penggilingan Padi di Desa TamiangKecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang. 2). Untuk Mengetahui Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Praktik Pembayaran Upah Penggilingan Padi di Desa Tamiang Kecamatan GunungkalerKabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, data penelitian berupa data primer dan data sekunder. Obyek penelitian adalah pabrik penggilingan padi di Desa Tamianng Kecamatan Gunnung Kaler. Metode kualitatif adalah penelitian deskriptif. Sifat penelitian dan penjelasan jenis ini akhirnya dilakukan dalam kelompok yang relatif kecil yang banyak dipertanyakan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini praktik pengupahan di desa tamiang ini menggunakan beras dan uang yang dilaksanakan secara turun temurun oleh pihak jasa pengilingan padi dan pihak pemilik padi. Tinjauan Ekonomi Islam tentang pengupahan penggilingan padi yang dibayarkan dengan beras di Desa Tamiang Kecematan Gunung Kaler Kabupaten Tangerang Termasuk Praktik tolong-menolong, adanya keridhaan dari kedua belah pihak dan diperbolehkan dalam Islam dengan syarat tidak ada yang dirugikan antara kedua belah pihak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Praktik, Upah, Penggilingan
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 10 Mar 2023 02:22
Perubahan Terakhir: 10 Mar 2023 02:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11597

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.