Tinjauan Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Pada Praktik Jual Beli Sampah (Studi Kasus pada Bank Sampah Jaya Makmur Kelurahan Cigadung Kabupaten Pandeglang)

Nisa, Fitri Khairun (2023) Tinjauan Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Pada Praktik Jual Beli Sampah (Studi Kasus pada Bank Sampah Jaya Makmur Kelurahan Cigadung Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410006_COVER.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410006_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (574kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410006_BAB I.pdf

Download (432kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_ES_181410006_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (538kB)
[img] Teks
S_ES_181410006_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (234kB)
[img] Teks
S_ES_181410006_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (475kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410006_BAB V.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410006_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di Bank Sampah Jaya Makmur, Komplek Ambuleuit Kelurahan Cigadung Kecamatan Karangtanjung Kabupaten Pandeglang untuk mengetahui apakah praktik jual beli sampah yang ada di bank sampah jaya makmur telah menerapkan prinsip etika bisnis islam yang terdiri dari prinsip tauhid, prinsip keseimbangan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggungjawab, dan prinsip kebenaran. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimana Praktik Jual Beli yang ada di Bank Sampah Jaya Makmur Kelurahan Cigadung Kabupaten Pandeglang?. 2). Bagaimana Tinjauan Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam pada praktik jual beli sampah di Bank Sampah Jaya Makmur Kelurahan Cigadung Kabupaten Pandeglang? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli di Bank Sampah Jaya Makmur Kelurahan Cigadung Kabupaten Pandeglang. 2). Untuk mengetahui bagaimana tinjauan penerapan prinsip etika bisnis islam pada praktik jual beli sampah di Bank Sampah Jaya Makmur Kelurahan Cigadung,Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yakni melakukan penelitian langsung dengan responden di tempat penelitian dengan jenis pendekatan dalam penelitian menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian ini yaitu praktik jual beli sampah pada Bank Sampah Jaya Makmur apabila ditinjau dari prinsip etika bisnis islam telah memenuhi sebagian dari prinsip-prinsip etika bisnis islam. Praktik yang sudah sesuai adalah mengenai prinsip tauhid, prinsip tanggungjawab dan prinsip kebenaran. Sementara itu paktik yang belum sesuai adalah prinsip keseimbangan dan prinsip kehendak bebas dilihat dari segi mekanisme pengelolaan dan harga beli yang ditetapkan bank sampah jaya makmur.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bank Sampah, Praktik Jual Beli Sampah, Prinsip Etika Bisnis Islam
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 07 Mar 2023 06:55
Perubahan Terakhir: 07 Mar 2023 06:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11575

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.