Strategi Dakwah Melalui Kegiatan Wisata Religi (Studi Kasus pada Majelis Taklim Jami’atul Hikmah Kp. Bojong Canar Pandeglang Banten)

Fadilla, Dilla (2023) Strategi Dakwah Melalui Kegiatan Wisata Religi (Studi Kasus pada Majelis Taklim Jami’atul Hikmah Kp. Bojong Canar Pandeglang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510037_COVER.pdf

Download (198kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510037_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (520kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510037_BAB I.pdf

Download (285kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_181510037_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (379kB)
[img] Teks
S_KPI_181510037_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (180kB)
[img] Teks
S_KPI_181510037_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (391kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510037_BAB V.pdf

Download (153kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510037_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Strategi dakwah melalui wisata religi yang dilakukan oleh Majelis Taklim Jami’atul hikmah ini berpengaruh besar pada kegiata pengajian rutin yang diadakan oleh Majelis Taklim Jami’atul Hikmah, pengajian rutin di Kp.Bojong Canar sempat terhenti selamat dua tahun karena ada penyebaran Virus Corona dimana kegiatan yang berhubungan dengan perkumpulan tidak diperbolehkan, semenjak itu masyarakat banyak yang tidak datang untuk mengikuti pengajian Setelah Virus Corona berakhir untuk membangkitkan kembali pengajian Jami’atul Hikmah ketua Majelis Taklim mengadakan kegiatan wisata religi dimana sebagai sarana untuk mengajak kembali para jama’ah kembali ke pengajian. Respon maasyarakat pun baik dengan adanya kegiatan wisata religi sehingga banyak masyarakat yang ikut. Dengan adanya kegiatan wisata religi ini berpengauh besar dalam kegiatan pengajian Majelis Takkim Jami’atul Hikmah setelah kegiatan wisata religi selesai pengajian pun ramai kembali banyak jama’ah baru yang ikut pengajian di Majelis Taklim Jami’atul Hikmah dan tertarik untuk menuntut ilmu agama di Majelis Taklim Jami’atul Hikmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini dihasilkan dari wawancara, observasi, dokumentasi serta buku-buku yang relevan dengan tema penelitian untuk mendukung dan melengkapi data-data di lapangan. Dimana peneliti menggambarkan metode dakwah Ustadzah Hh. Subaekah dalam pengajian rutin di Majelis Taklim Jami’atul Hikmah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui strategi dakwah melalui wisata religi berdampak positif bagi masyarakat Kp. Bojong Canar, serta terdapat perubahan sikap sosial yang signifikan pada jama’ah Majelis Taklim jami’atul Hikmah, jumlah pengajian yang semakin bertambah setiap minggunya, adanya perubahan sikap jama’ah menjadi pribadi yang bermuhasabah dan taat dalam beribadah, saling menghargai, serta aktif dalam kegiatan pengajian yang bersifat sosial dengan turut hadir serta berkontribusi disetiap kegiatan yang diadakan pengajian Majelis Taklim Jami’atul Hikmah Kp. Bojong Canar Pandeglang Banten.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Stratgei Dakwah, Wisata Religi, Majelis Taklim
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 01 Mar 2023 08:01
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11560

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.