Efektivitas Tradisi Muludan Sebagai Metode Dakwah dalam Pembinaan Akhlak (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Sukanegara Kecamatan Pontang)

Mufrodi, Adi (2023) Efektivitas Tradisi Muludan Sebagai Metode Dakwah dalam Pembinaan Akhlak (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Sukanegara Kecamatan Pontang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510063_COVER.pdf

Download (107kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510063_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (490kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510063_BAB I.pdf

Download (180kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_181510063_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (432kB)
[img] Teks
S_KPI_181510063_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (188kB)
[img] Teks
S_KPI_181510063_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (270kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510063_BAB V.pdf

Download (85kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510063_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tradisi muludan merupakan tradisi perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad Saw, tradisi muludan yang ada di Desa Sukanegara Kecamatan Pontang ini dirayakan dengan berbagai kegiatan seperti panjang mulud, pembacaan berzanji, dzikir bersama dan penyampaian nasihat (ceramah), dimana dari masing masing kegiatan yang ada di tradisi muludan ini mempunyai makna tersendiri. Berdasarkan uraian diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Pertama bagaimana bentuk metode dakwah dalam pembinaan akhlak melalui tradisi muludan. Kedua bagaimana efektivitas tradisi muludan sebagai metode dakwah dalam pembinaan akhlak. ketiga apa saja faktor pendukung dan penghambat tradisi muludan dalam pembinaan akhlak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: pertama untuk mengetahui bentuk metode dakwah dalam pembinaan akhlak melalui tradisi muludan. Kedua untuk mengetahui efektivitas tradisi muludan sebagai metode dakwah dalam pembinaan akhlak. Ketiga untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat tradisi muludan sebagai metode dakwah dalam pembinaan akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis data. Penelitian dilaksanakan pada bulan September hingga oktober. Teknik anaisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini menunjukan bahwa pembinaan akhlak melalui kegiatan tradisi muludan sebagai pembinaan akhlak masyarakat Desa Sukanegara berjalan dengan baik. Bentuk metode dakwah nya yaitu dakwah bil hal dan dakwah Bil lisan. Kemudian efektifitas tradisi muludan sebagai metode dakwah diliat dari efek yang didapat oleh masyarakat setempat. Dan yang menjadi faktor pendukung nya adalah kompaknya masyarakat, dukungan masyarakat dan sarana dan prasarana, sedangkan yang menjadi faktor penghambat nya adalah kemauan masyarakat, pengaruh teknologi, dan latar belakang yang berbeda.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Tradisi Muludan, Dakwah, Pembinaan Akhlak
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 28 Feb 2023 03:58
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11550

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.