Peran Komunitas Pecinta Sunah Dalam Meningkatkan Motivasi Beribadah Santri Di Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Cilegon

Rojak, Abdul (2023) Peran Komunitas Pecinta Sunah Dalam Meningkatkan Motivasi Beribadah Santri Di Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210196_Cover.pdf

Download (30kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210196_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210196_BAB I.pdf

Download (384kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210196_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (430kB)
[img] Teks
S_PAI_181210196_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (49kB)
[img] Teks
S_PAI_181210196_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (526kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210196_BAB V.pdf

Download (111kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210196_Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya motivasi santri di pondok Pesantren Nasyrul Ulum dalam pengamalan ibadah-ibadah sunah, seperti ibadah sunah puasa Senin-Kamis, sholat sunah malam (tahajud, witir), dan ibadah sholat sunah dhuha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran komunitas Pecinta Sunah dalam meningkatkan motivasi beribadah santri di pondok pesantren Nasyrul Ulum beserta berbagai kendala yang dihadapinya. Komunitas Pecinta Sunah merupakan suatu kelompok sosial yang bergerak dalam bidang sosial keagamaan, memiliki perhatian lebih terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas ibadah santri khususnya dalam ibadah sunah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelian etnografi, subjek penelitian terdiri dari pendiri komunitas, anggota komunitas, pimpinan pondok pesantren, dan ustadz kepala bagian keagamaan. Pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan komunitas Pecinta Sunah dalam meningkatkan motivasi beribadah santri meliputi peranan edukatif, fasilitatif, dan peranan teknik. Peranan edukatif ditunjukan dengan adanya program kajian keagamaan yang dilakukan setiap satu bulan sekali yang membuat para santri memiliki pengetahuan tentang manfaat dari ibadah-ibadah sunah seperti puasa Senin-Kamis, sholat sunah malam, sholat sunah tahajud sehingga dapat meningkatkan semangat dan dapat istiqomah dalam menjalankan ibadah puasa sunah Senin-Kamis, dan melaksanakan sholat-sholat sunah. Peranan fasilitator yang dilakukan oleh komunitas Pecinta Sunah yaitu sebagai wadah bagi para santri untuk dapat bersama-sama mengamalkan ibadah sunah, selain itu juga berperan dalam mengumpulkan dana dari para donasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan komunitas serta berperan untuk menyiapkan seorang dai atau ustadz untuk memberikan motivasi dan masukan kepada para santri dalam program kajian keagaamaan setiap bulannya. Peranan keterampilan teknik dengan memberikan pelatihan dan pengetahuan mengenai manfaat sosial media sebagai saranan untuk mendapatkan keuntungan yang mebuat perubahan keterampilan para santri semakin meningkat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): motivasi, ibadah, santri, peran komunitas
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 24 Feb 2023 03:25
Perubahan Terakhir: 24 Feb 2023 03:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11531

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.