Tinjauan Hukum Islam Terhadap Hutang Piutang Sembako Hajatan di Kalangan Masyarakat (Studi Kasus di Desa Sukaraja Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang)

Arlina, Ina (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Hutang Piutang Sembako Hajatan di Kalangan Masyarakat (Studi Kasus di Desa Sukaraja Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130053_Cover.pdf

Download (111kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130053_Lampiran Depan.pdf

Download (629kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130053_BAB I.pdf

Download (604kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_181130053_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (301kB)
[img] Teks
S_HES_181130053_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (617kB)
[img] Teks
S_HES_181130053_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (509kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130053_BAB V.pdf

Download (86kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130053_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Qardh merupakan akad yang bertujuan untuk tolong menolong. Qardh merupakan praktik yang sering terjadi dalam kehidupan masyarakat secara umum. Contohnya adalah sekelompok masyarakat Desa Sukaraja yang melakukan hutang piutang sembako ketika hendak hajatan, dengan tujuan terpenuhinya kebutuhan hajatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana mekanisme utang piutang sembako hajatan di kalangan masyarakat Desa Sukaraja Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang? 2. Bagaimana pendapat tokoh agama terhadap utang piutang sembako hajatan di Desa Sukaraja Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang? 3. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pembayaran hutang piutang sembako hajatan di Desa Sukaraja Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme utang piutang sembako hajatan di kalangan masyarakat Desa Sukaraja Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang, untuk mengetahui pendapat tokoh agama terhadap utang piutang sembako hajatan di Desa Sukaraja Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang, dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap pembayaran hutang piutang sembako hajatan di Desa Sukaraja Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian di Desa Sukaraja Kecamatan Pulosari kabupaten Pandeglang, dengan jenis penelitian kualitatif, data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1. Hutang piutang di Desa Sukaraja sudah berjalan 2 tahun lebih dengan 72 anggota. Hutang piutang ini memiliki beberapa perjanjian dan ketentuan yang telah disepakati. 2. Menurut pendapat tokoh agama hutang piutang ini diperbolehkan karena merupakan refleksi dari firman Allah surat Al-Maidah ayat (2). 3. Akad hutang piutang di Desa Sukaraja tidak sepenuhnya memenuhi ketentuan hukum fikih. Hanya saja pembayaran denda terhadap keterlambatan bayar hutang sembako di Desa Sukaraja diperbolehkan, dan menurut tinjauan hukum Islam bahwa pemberian upah perolehan hutang piutang sembako yang berjumlah 30.000,00 sudah sesuai dengan hukum Islam, dan boleh dilakukan karena Ujrah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Feb 2023 02:42
Perubahan Terakhir: 16 Feb 2023 02:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11456

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.