Analisis Implementasi dan Pemahaman Muzara’ah Dikalangan Petani Desa Sukamampir

Anisah, Siti (2023) Analisis Implementasi dan Pemahaman Muzara’ah Dikalangan Petani Desa Sukamampir. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410138_Cover.pdf

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410138_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410138_BAB I.pdf

Download (381kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_EIS_181410138_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (632kB)
[img] Teks
S_EIS_181410138_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (311kB)
[img] Teks
S_EIS_181410138_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (446kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410138_BAB V.pdf

Download (174kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410138_Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kegiatan muzara’ah merupakan kegiatan bagi hasil yang menguntungkan dua pihak, pihak penggarap dan pihak pemilik lahan dimana kedua belah pihak saling bekerjasama mengelola lahan pertanian dengan bagi hasil pada saat panen. Pemahaman muzara’ah dikalangan masyarakat masih sangat minim, dalam kagiatan muzara’ah adanya faktor yang mempengaruhinya, begitu pula dalam muzara’ah, terpenuhinya rukun dan syarat akad yang baik dari petani. Penelitian ini dilakukan di masyarakat Desa Sukamampir Kecamatan Binuang untuk mengetahui bagaimana pemahaman masyarakat mengenai muzara’ah dalam bagi hasil pertanian. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana pemahaman dan implementasi muzara’ah dalam bagi hasil dikalangan petani Desa Sukamampir?, 2) Faktor yang mendukung praktek muzara’ah di Desa Sukamampir?. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Mengetahui tujuan bagaimana pemahaman dan implementasi muzara’ah dalam bagi hasil dikalangan petani Desa Sukamampir, 2) Mengetahui faktor yang mendukung praktek muzara’ah di Desa Sukamampir. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Deskriptif dengan metode penelitian kualitatif guna menghasilkan kesimpulan yang lebih komprehensif. Metode Analisis Deskriptif dilakukan dengan menggali informasi mengenai pemahaman pemahaman muzara’ah dikalangan petani Desa Sukamampir dengan pendekatan langsung, observasi serta faktor eksternal berupa kajian pendekatan teoritis dan akademis sumber pustaka yang berkaitan dengan objek pembahasan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik study dokumentasi, wawancara, dan observasi. Kesimpulan menunjukan bahwa pemahaman masyarakat terhadap muzara’ah sangat minim, namun masyarakat sudah melakukan kegiatan muzara’ah dengan sebutan maro atau paroan yang sebetulnya merupakan kegiatan muzara’ah. Dan faktor yang mendukung muzara’ah ada dua faktor, yaitu faktor sosial dan faktor materi, faktor sosial: kelompok tani, kelompok tani yang membantu masyarakat memberikan informasi tentang pertanian dari mulai menanam, tata cara pengolahan, pemberian pupuk sampai panen tiba. Faktor Materi : mulai dari bibit, pupuk dan juga cuaca sangat berperan dalam memperkirakan kapan memulai bertani sampai panen, masyarakat juga bisa mengandalkan diesel untuk mengairi lahan garapannya. Pemberian pupuk sangat membantu untuk meningkatkan dan menyuburkan garapan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemilik Lahan, Petani Penggarap, Muzara’ah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Feb 2023 03:59
Perubahan Terakhir: 14 Feb 2023 03:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11431

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.