Pemberdayaan Ekonomi Mualaf (Studi Kasus Di Lembah Barokah Ciboleger Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten)

Ifan, Ahmad Khoirul (2023) Pemberdayaan Ekonomi Mualaf (Studi Kasus Di Lembah Barokah Ciboleger Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_171410266_COVER.pdf

Download (43kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_171410266_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (510kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_171410266_BAB I.pdf

Download (508kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_EIS_171410266_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (422kB)
[img] Teks
S_EIS_171410266_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (478kB)
[img] Teks
S_EIS_171410266_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (415kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_171410266_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_171410266_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Perpindahan agama pada orang yang berasal dari suku Baduy memberikan konsekuensi tersendiri bagi mereka, yaitu harus keluar dari wilayah adat dan kehilangan hak-haknya di atas tanah ulayat. Hal tersebut membuat para mualaf Baduy kehilangan tempat tinggal sekaligus mata pencaharian sehingga terpaksa menjadi kelompok masyarakat marginal atau tertinggal dari segi kesejahteraan ekonomi. Adanya Lembah Barokah Ciboleger yang didirikan oleh dr. Ashari melalui Yayasan Spirit Membangun Ukhwah Islamiyah (YASMUI) pada tahun 2017 bertujuan untuk membantu meringankan beban para mualaf dengan memberikan hunian sementara sekaligus diberikan pendampingan agama dan program pemberdayaan ekonomi. Namun untuk membantu mualaf mencapai kemandirian ekonomi dalam waktu yang relatif singkat maka dibutuhkan adanya implementasi program pemberdayaan ekonomi yang tepat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana implementasi pemberdayaan ekonomi mualaf di Lembah Barokah Ciboleger? 2). Bagaimana dampak dari adanya pemberdayaan ekonomi mualaf di Lembah Barokah Ciboleger? 3). Bagaimana korelasi program pemberdayaan ekonomi mualaf di Lembah Barokah Ciboleger dengan konsep pemberdayaan ekonomi Islam? Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui implementasi pemberdayaan ekonomi mualaf di Lembah Barokah Ciboleger 2). Untuk mengetahui dampak dari pemberdayaan ekonomi mualaf di Lembah Barokah Ciboleger. 3). Untuk mengetahui adanya korelasi konsep pemberdayaan ekonomi di Lembah Barokah Ciboleger dengan konsep ekonomi Islam. Metodologi penelitian adalah kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses observasi, wawancara dan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan uji derajat kepercayaan (credibility), uji kebergantungan (dependability) dan uji kepastian (confirmability). Hasil penelitian yang di peroleh menunjukan bahwa implementasi pemberdayaan ekonomi di Lembah Barokah Ciboleger adalah: yaitu: 1). Program Bantuan Modal Usaha. 2). Program Pemanfaatan Lahan Produktif. 3). Pembuatan Produk Olahan dari Alam. 4). Pembuatan Produk Kerajinan Tangan. 5). Pelatihan Menjahit. 6). Program Ekowisata Homestay. Adapun pemberdayaan ekonomi di Lembah Barokah Ciboleger belum memberikan dampak perbaikan ekonomi secara signifikan terhadap para mualaf. Sedangkan dalam telaah korelasi program pemberdayaan ekonomi mualaf di Lembah Barokah Ciboleger memiliki kesesuaian dengan teori ekonomi Islam yang dicocokkan melalui fenomena yang terjadi di masa Nabi Muhmmad SAW.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan, Ekonomi, Mualaf
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Feb 2023 02:38
Perubahan Terakhir: 14 Feb 2023 02:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11427

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.