Peran Ibu Sebagai Madrasatul Ula Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak (Studi Di Kp.Ulanica Kec.Cipocok Jaya Kota Serang)

Alikasari, Dwi (2023) Peran Ibu Sebagai Madrasatul Ula Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak (Studi Di Kp.Ulanica Kec.Cipocok Jaya Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210101_Cover.pdf

Download (102kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210101_Lampiran Depan.pdf

Download (821kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210101_BAB I.pdf

Download (245kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210101_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (577kB)
[img] Teks
S_PAI_171210101_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (194kB)
[img] Teks
S_PAI_171210101_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (648kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210101_BAB V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210101_Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi peran Ibu sebagai madrasatul ula dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya para anak yang ber buruk, sehingga didalamnya perlu ada peran sebagai madrasatul ula bagi anak-anaknya dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah study kasus kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah para Ibu dengan tiga jenis status full time mom, working mom dan single mom. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para Ibu sudah berperan sesuai porsinya, sudah berusaha berperan sebagai madrasatul ula bagi anak-anaknya. Namun, ada beberapa hambatan yang dapat menghambat dalam ia menjalankan perannya seperti kurangnya waktu bersama anak bagi Ibu yang menyandang status working mom, adapula yang anak dan ibunya sama-sama memiliki waktu akan tetapi hambatannya dari ego masing�masing terutama anak yang merasa ia punya jalan sendiri. Hambatan lain yang dirasakan Ibu penyandang status single mom yaitu karena harus menjalankan tugasnya sendiri tanpa figur ayah bagi anak-anaknya. Kendati demikian, dapat disimpulkan bahwa 75% para Ibu baik yang menyandang status full time mom, working mom atau single mom telah berhasil memerankan tugasnya dengan baik dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran Ibu, Madrasatul Ula, Nilai Pendidikan Islam
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Feb 2023 08:36
Perubahan Terakhir: 09 Feb 2023 08:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11392

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.