Pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 2 Materi PPKn (R&D di Kelas V SD Negeri Karang Setra Kota Cilegon)

Noviana, Nabila (2023) Pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 2 Materi PPKn (R&D di Kelas V SD Negeri Karang Setra Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240123_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (76kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240123_Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (428kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240123_Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (180kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240123_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (372kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240123_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (404kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240123_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240123_Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240123_Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (227kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media Pop Up Book serta untuk menguji kelayakan dan keefektifan media tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 2 materi PPKn di kelas V SD. Latar belakang pada penelitian ini adalah masih banyaknya siswa kelas V yang mendapatkan hasil belajar PPKn di bawah KKM (70). Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: berdasarkan hasil uji validasi media Pop Up Book dapat diketahui bahwa dosen ahli materi memberikan skor 48 dari skor maksimal 55 sehingga memperoleh rata-rata persentase 87,3% dengan kriteria “Sangat Layak”, sedangkan dari dosen ahli media memberikan skor 37 dari skor maksimal 40 sehingga memperoleh rata-rata persentase 92,5% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hal ini menunjukkan bahwa media Pop Up Book layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Adapun berdasarkan hasil uji coba media Pop Up Book pada tema 2 materi PPKn di kelas V SDN Karang Setra, hasil belajar siswa menunjukan adanya peningkatan sebanyak 14,5%. Sebelum uji coba produk, hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata persentase 69,7% dan setelah melakukan uji coba produk, hasil belajar siswa memperoleh rata-rata persentase 84,2%. Kemudian setelah uji coba produk, 90% dari seluruh siswa kelas V SDN Karang Setra yang ada di kelas sudah mendapatkan nilai di atas KKM (70). Berdasarkan hal tersebut, maka hasil belajar akhir siswa sudah mencapai ketuntasan klasikal yang telah ditentukan yaitu 85%. Hal ini menunjukkan bahwa media Pop Up Book efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PPKn.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran Pop Up Book, Hasil Belajar, PPKn
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 03 Feb 2023 04:12
Perubahan Terakhir: 03 Feb 2023 04:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11251

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.