Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Film Kartun Islami Omar dan Hana

Aeni, Nurul (2023) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Film Kartun Islami Omar dan Hana. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210116_Cover.pdf

Download (76kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210116_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210116_BAB I.pdf

Download (251kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210116_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (903kB)
[img] Teks
S_PAI_181210116_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (91kB)
[img] Teks
S_PAI_181210116_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (459kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210116_BAB V.pdf

Download (10kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210116_Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang tidak dapat tergantikan, dan sangat dibutuhkan oleh seluruh umat Manusia. Proses pendidikan ini sangat fleksibel jika kita tau apa itu Ilmu Pengetahuan, ilmu pengetahuan bukan hanya didapat dalan Ruang kelas saja, melainkan bisa dimana-mana, baik didapat secara Online, melalui Browsing di Internet, melihat Youthube. Jika, Offline bisa melihat siaran berita, atau film yang mengandung unsur pendidikan. Semua hal tersebut dapat mempengaruhi Tingkah prilaku anak-anak. Nilai-Nilai yang terkandung dalam pendidikan Agama Islam, salah satunya sperti dalam film kartun Omar dan Hanna, dalam hal ini Nilai-Nilai Pendidikan Agama, disampaikan dalam bentuk sair musik dan dialog. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan munggunakan Analisis Isi teori semiotik dan termasuk kedalam jenis Analisis Isi Kualitatif semiotika. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik Pengumpulan data Observasi tidak langsung dan Dokumentasi. Dengan analisis isi (Content analysis) bertujuan untuk menganalisis isi dialog tokoh, latar, dan pristiwa dalam Film. Observasi tidak langsung ini adalah, Penulis menonton dan melakukan pengamatan terhadap Film kartun Omar dan Hanna. Dan dokumentasi, Peneliti memilih isi percakapan dan isi kandungan yang terdapat dalam musik anak-anak dalan Film Kartun Omar dan Hanna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Film kartun Omar dan Hanna, dari hasil penelitian dan pembahasan, Film kartun Omar dan Hanna, yakni: Nilai keimanan, Nilai Ibadah, dan Nilai Moral, Etika, Akhlak Mulia. Sebuah film dapat memberikan pengaruh baik kepada anak-anak, yang memang pada dasarnya anak-anak memilikikemampuan meniru segala apa yang didengar dan dilihat, maka sudah seharusnya yang menjadi asupan anak-anak sehari-hari adalah hal-hal yang positif dan penuh dengan nilai moral, dan Agama. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil kesimpulan bahwa dalam film kartun omar dan hanna, mengandung Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam setiap adegan pada cuplikan Vidio, yang terbagi ke dalam beberapa tema diantaranya:Serokonya Puase, Seronoknya Sedekah, Cinta Nabi, Main sama-sama, Berdoa, dengan penyajian yang ringan serta terdapat dalam 4 bahasa (Malaysia,Indonesia,Inggris dan Arab)

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Agama Islam dalam Film Kartun Islami
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Feb 2023 02:10
Perubahan Terakhir: 02 Feb 2023 02:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11209

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.