Prasetyo, Agus Cipto (2023) Islam Inklusif dalam Relasi Agama dan Negara Perspektif Nurcholish Madjid. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_AFI_171310006_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (16kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_AFI_171310006_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (973kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_AFI_171310006_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (599kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_AFI_171310006_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (471kB) |
||
Teks
S_AFI_171310006_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (443kB) |
||
Teks
S_AFI_171310006_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (529kB) |
||
|
Teks
S_AFI_171310006_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (190kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_AFI_171310006_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (367kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Indonesia merupakan negara dengan beranekaragaman dan keagamaan yang dimiliki setiap kelompok masyarakat yang juga berbeda-beda cara pandangan mengenai sosial dan keyakinan agamanya. Maka, dari perbedaan tersebut tidak bisa terlepas dari masalah-masalah yang akan terjadi di tengah masyarakat karena perbedaan suku, ras, dan kebudayaan serta bermacama-macam agama. Umat Islam merupakan umat mayoritas di Inonesia, namun Indonesia tidak bisa dijadikan sebagai negara Islam. Berangkat dari problematika tersebut penulis merumuskan permasalahan yang akan dibahas, yaitu : 1. Apa makna dari Islam inklusif dalam relasi agama dan negara ? 2. Bagaimana perspektif Nurcholis Madjid mengenai Islam inklusif dalam relasi agama dan negara ? 3. Bagaimana konsep teologi inklusif Nurcholis Madjid dan relevansinya dengan pluralitas di Indonesia?. Adapun tujuan yang khendak dicapai antara lain : 1. Mengetahui makna dari Islam inklusif dalam relasi agama dan negara. 2. Mengetahui perspektif Nurcholis Madjid mengenai Islam inklusif dalam relasi agama dan negara. 3. Mengetahui konsep teologi inklusif Nurcholis Madjid dan relevansinya dengan pluralitas di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Yaitu, penelitian yang menitikberatkan pada literatur dengan cara menggambarkan, mengklasifikasikan dan menganalisa data baik dari primer maupun sekunder. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, Islam inklusif merupakan sifat keterbukaan untuk kepentingan bersama. Kedua, menurut Nurcholis Madjid Indonesia bukan negara teokrasi maupun sekuler, melainkan negara dengan simbiotik nya yaitu pancasila. Ketiga, teologi inklusif Nurcholis Madjid sangat cocok dengan masyarakat Indonesia yang mempunya pluralitas sedemikian rupa, teologi ini juga menuai banyak pro dan kontra, tetapi semua itu demi kemajemukan masyarakat Indonesia.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Islam Inklusif, Relasi Agama dan Negara, Pluralitas di Indonesia, Nurcholis Madjid |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.1 Falsafah |
Divisi: | Fakultas Ushuluddin dan Adab > Aqidah dan Filsafat Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 01 Feb 2023 02:09 |
Perubahan Terakhir: | 01 Feb 2023 02:09 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11187 |
Actions (login required)
Lihat Item |