Istilah “Kalimat” Dalam Sintaksis Bahasa Arab Dan Bahasa Sunda

Zulfikri, Rizan and Uyuni, Yuyun Rohmatul and Ubaidillah, (2020) Istilah “Kalimat” Dalam Sintaksis Bahasa Arab Dan Bahasa Sunda. Al-Ittijah. ISSN p-ISSN : 2086-1370 e-ISSN : 2655-7444

[img]
Pra Tinjau
Teks
3631-Article Text-11340-1-10-20210121.pdf

Download (308kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Studi ini dilakukan untuk memperoleh konsep serta perbandingan istilah “kalimat” dalam bahasa Arab dan Bahasa Sunda. Istilah “kalimat” dalam Bahasa Sunda meski merupakan kata serapan dari Bahasa Arab memiliki perbedaan makna disebabkan adanya perubahan makna itu sendiri. disisi lain, hampir seluruh kitab Nahwu diawali dengan pembahasan yang berkaitan dengan istilah “kalimat”, hal ini mengindikasikan adanya perhatian khusus para ulama ilmu Nahwu atas urgensi “kalimat” dalam Sintaksis Bahasa Arab. Istilah “Kalimat” dalam Bahasa Arab bermakna tunggal (Mufrad) artinya tidak tersusun dari unit-unit yang memiliki makna jika dipisahkan, sedangkan dalam bahasa Sunda definisinya menjadi kontruksi gramatiak artinya terdiri dari unit-unit dan bersifat predikatif. Perbedaan tersebut menuntut adanya sebuah jembatan untuk dapat melakukan penafsiran serta memperoleh pemahaman yang benar. Melalui studi kepustakaan, serta pisau analisis deskriptif dan padan translasional, akan dijabarkan konsep kalimat dalam sintaksis kedua bahasa kemudian dilakukan pemadanan istilah dalam bahasa masing-masing untuk memperoleh konsep yang objektif.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): kalimat, sintaksis, makna, kata.
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 28 Mar 2023 04:24
Perubahan Terakhir: 10 Okt 2023 06:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11161

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.