Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Surat-surat Pendek di TPQ Madarijul Ulum Kp. Gurugui Desa Lialang Kecamatan Taktakan Kota Serang Banten

Uyun, Kurotul (2023) Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Surat-surat Pendek di TPQ Madarijul Ulum Kp. Gurugui Desa Lialang Kecamatan Taktakan Kota Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAUD_ 181260044_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (158kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAUD_ 181260044_LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (535kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAUD_ 181260044_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (337kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAUD_ 181260044_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (666kB)
[img] Teks
S_PAUD_ 181260044_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (250kB)
[img] Teks
S_PAUD_ 181260044_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (347kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAUD_ 181260044_BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (73kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAUD_ 181260044_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (143kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi peran orang tua dalam meningkatkan hafalan al-qur’an serta faktor pendorong dan penghambat dalam meningkatkan hafalan al-qur’an melalui kegiatan hafalan al-qur’an di TPQ Madarijul Ulum kampung gurugui desa lialang kecamatan taktakan serang banten. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya peran orang tua dalam meningkatkan hafalan al-qur’an anak usia dini. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Metode Analisis Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pihak-pihak yang ikut terlibat dalam meningkatkan hafalan al-qur’an adalah orang tua dirumah, guru di sekolah, dan kepala sekolah. Uji keabsahan data menggunakan field reseach. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran Orang tua dalam meningkatkan hafalan al-qur’an sangatlah penting karna bimbingan atau pendidikan pertama adalah dari orang tuanya, tanggung jawab mereka tidak bisa di limpahkan ke orang lain. Orang tua mempunyai tanggung jawab penuh untuk mendidik anak dan mengarahkan pada pendidikan yang baik. Di antara tugas dan kewajiban orang tua terhadap anak adalah mengajarkan Al Qur’an kepada anak seperti kegiatan menghafal, dalam menghafal al-qur’an orang tua harus selalu memantau dan membaca bersama anak agar anak terbiasa membaca dan menghafal al-qu’ran. 2) Faktor yang mendorong orang tua dalam meningkatkan hafalan al-qur’an adalah mendambakannya anak yang soleh dan solehah, faktor yang menghambat adalah kurangnya pemahaman orang tua terhadap al-qur’an dan sedikit nya waktu orang tua dengan anak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran Orang Tua, Hafalan Al-Qur’an Surat-surat Pendek, Anak Usia Dini
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 30 Jan 2023 04:02
Perubahan Terakhir: 30 Jan 2023 04:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11153

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.