Analisis Kerjasama Pengelolaan Lahan Pertanian Menurut Pandangan Ekonomi Islam (Studi Kasus Model Bertani Masyarakat Baduy di Desa Kujangsari, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten)

Fikri, Mohamad (2023) Analisis Kerjasama Pengelolaan Lahan Pertanian Menurut Pandangan Ekonomi Islam (Studi Kasus Model Bertani Masyarakat Baduy di Desa Kujangsari, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_FEBI_181410130_COVER.pdf

Download (18kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_FEBI_181410130_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (780kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_FEBI_181410130_BAB I.pdf

Download (521kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_FEBI_181410130_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (449kB)
[img] Teks
S_FEBI_181410130_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (247kB)
[img] Teks
S_FEBI_181410130_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (213kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_FEBI_181410130_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_FEBI_181410130_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pertanian memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia terutama didaerah pedesaan yang sebagian besar penduduknya adalah petani, masyarakat Adat Baduy memiliki pendapatan dari hasil alam dan pertanian. Salah satu pengelolaannya yaitu masyarakat Adat Baduy yang menggarap lahan petani masyarakat Desa Kujangsari yang berada di Desa Kujangsari, Kecamatan Cileles, Kbupaten Lebak, Provinsi Banten. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana sistem kerja sama pengelolaan lahan pertanian masyarakat Adat Baduy di Desa Kujangsari, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten? 2) Bagaimana model kerja sama pengelolaan lahan pertanian masyarakat Adat baduy dilihat dari akad mukhabarah dalam ekonomi Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pratek kerja sama pengelolaan lahan pertanian yang dilakukan masyarakat Adat Baduy dengan petani masyarakat Desa Kujangsari serta relevelansinya menurut tinjauan mukhabarah dalam ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purpose sampling, yaitu teknik mengambil sempel didasarkan atas tujian tertentu (orang yang dipilih betul-betul memiliki kriteria sebagai sampel). Berdasarkan hasil penelitian bahwa sistem kerja sama pengelolaan lahan yang dipraktekkan oleh masyarakat Baduy dengan petani masyarakat Desa Kujangsari di Desa Kujangsari Kabupaten Lebak, secara umum akad yang dipraktekan tanpa adanya perjanjian tertulis atau hanya sebatas lisan. Sistem kerja sama pengelolaan lahan yang dipraktekan oleh masyarakat Baduy dengan petani masyarakat Desa Kujangsari secara umum akad yang dipraktekan tanpa adanya perjanjian tertulis atau hanya sebatas lisan. Dari sudut pandang mukhabarah ekonomi Islam, pelaksanaan praktek kerja sama pengelolaan lahan sudah hampir sesuai dengan ekonomi Islam, Namun untuk jangka waktu perjanjian tidak disebutkan dengan jelas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Praktek pengelolaan lahan pertanian, tinjauan ekonomi Islam, masyarakat adat baduy
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 25 Jan 2023 06:18
Perubahan Terakhir: 25 Jan 2023 06:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11077

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.