Analisis Pembiayaan Qardhul Hasan Pada Usaha Kecil dan Menengah Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Anyar Kec. Anyar Kabupaten Serang Banten)

Masruroh, Masruroh (2023) Analisis Pembiayaan Qardhul Hasan Pada Usaha Kecil dan Menengah Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Anyar Kec. Anyar Kabupaten Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130025_COVER.pdf

Download (159kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130025_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (612kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130025_BAB I.pdf

Download (518kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_181130025_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (315kB)
[img] Teks
S_HES_181130025_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (509kB)
[img] Teks
S_HES_181130025_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (671kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130025_BAB V.pdf

Download (155kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130025_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Baitul Maal wa Tamwil merupakan salah satu lembaga keuangan non bank yang berada di Indonesia. Salah satu produk pembiayaan yang ada di Baitul Maal wa Tamwil Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Anyar Kec. Anyar Kabupaten Serang adalah pembiayaan Qardhul Hasan. Pembiayaan Qardhul Hasan merupakan pembiayaan yang diberikan kepada anggota yang benar-benar membutuhkan modal dalam usahanya. Dalam pembiayaan ini tidak ada beban yang dijaminkan kepada anggota, hanya saja anggota memiliki kewajiban untuk melunasi pinjaman tersebut, serta biaya administrasi ditanggung oleh anggota. Akan tetapi dalam pembiayaan Qardhul Hasan ini ada beberapa anggota yang lalai terhadap pembayaran angsuran pembiayaan Qardhul Hasan. Perumusan masalah 1) Bagaimana praktik pembiayaan Qardhul Hasan dalam meningkatkan usaha kecil dan menengah di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Anyar Kec. Anyar Kabupaten Serang? 2) Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penyelesaian pembiayaan Qardhul Hasan di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Anyar Kec. Anyar Kabupaten Serang? Tujuan dalam penelitian ini: 1) Untuk Mengetahui Bagaimana Praktik Pembiayaan Qardhul Hasan Dalam Meningkatkan Usaha Kecil dan Menengah Pada Anggota BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Anyar Kec. Anyar Kabupaten Serang, 2) Untuk Mengetahui Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Penyelesaian Pembiayaan Qardhul Hasan di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Anyar Kec. Anyar Kabupaten Serang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat hukum empiris dengan pendekatan perundang-undangan dan studi kasus, dengan menggunakan analisis sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara kepada pimpinan cabang BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Anyar Kec. Anyar Kabupaten Serang dan anggota pembiayaan Qardhul Hasan, data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal yang relevan dengan penelitian serta fatwa DSN-MUI No. 19/DSN-MUI/IV/2001 tentang Qardh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan bersifat induktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1). Praktik pembiayaan Qardhul Hasan dalam meningkatkan usaha kecil dan menengah di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Anyar Kec. Anyar Kabupaten Serang membantu anggota usaha kecil dan menengah berupa pemberian modal usaha dengan pembiayaan Qardhul Hasan pembiayaan tanpa adanya tambahan lainnya dengan kewajiban pihak peminjam mengembalikan pokok pinjaman. 2). Penyelesaian pembiayaan Qardhul Hasan terhadap anggota yang lalai dalam pembayaran angsuran, dan beberapa anggota yang kabur atau menghilang jejak, telah sesuai dengan fatwa DSN-MUI No.19/DSN-MUI/IV/2001 yang lebih mementingkan musyawarah berupa penjadwalan kembali, persyaratan kembali serta memberikan restrukturisasi (keringanan pembayaran angsuran) terhadap anggota pembiayaan Qardhul Hasan sebelum ke pihak mediasi/pengadilan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Qardhul Hasan, Usaha Kecil Menengah (UKM), Baitul Maal wa Tamwil (BMT)
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 24 Jan 2023 06:42
Perubahan Terakhir: 24 Jan 2023 06:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11039

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.