Analisis Hukum Islam Terhadap Pembatalan Jual Beli Salam Secara Sepihak (Studi di Konfeksi Vegol Screen Printing Kec. Balaraja Kabupaten Tangerang)

Gozali, Gozali (2023) Analisis Hukum Islam Terhadap Pembatalan Jual Beli Salam Secara Sepihak (Studi di Konfeksi Vegol Screen Printing Kec. Balaraja Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130012_COVER.pdf

Download (35kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130012_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (439kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130012_BAB I.pdf

Download (547kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_171130012_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (495kB)
[img] Teks
S_HES_171130012_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (195kB)
[img] Teks
S_HES_171130012_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (492kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130012_BAB V.pdf

Download (155kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130012_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pembatalan merupakan suatu rusaknya akad jual beli yang disebabkan karena adanya pembeli yang tidak menyukai barang dengan kriteria yang diinginkan. Seperti yang terjadi di Konfeksi Vegol Screen Printing Kec. Balaraja, dimana pembatalan terjadi disebabkan karena pihak konsumen tidak menyukai barang yang dipesannya, karena tidak memenuhi kriteria yang diinginkan. Berdasarkan latarbelakang tersebut maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian adalah analisis hukum Islam terhadap pembatal jual beli salam secara sepihak di Konfeksi vegol screen printing kec.Balaraja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik jual beli salam di Konfeksi Vegol screen Printing, mengetahui penyelesaian jual beli salam secara sepihak dan analisis hukum Islam terhadap pembatalan jual beli salam secara sepihak. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dan dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, simpulan dan verifikasi. Subjek penelitian diambil dari beberapa informan yakni pemilik, pegawai, konsumen di Konfeksi Vegol Screen Printing Kec.Balaraja Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis Hukum Islam Terhadap Pembatalan Jual Beli Salam Secara Sepihak di Konfeksi Vegol Screen Printing Kec.Balaraja Kabupaten Tangerang pada dasarnya sangat bertentangan, karena tidak sesuai dengan hukum Islam sebab tidak adanya keridhaan dari pihak penjual. Namun, karena penyelesaian pembatalan dengan cara perdamaian, yang berakhir pada keridhaan antara kedua belah pihak, maka pembatalan jual beli secara sepihak terhadap jual beli pesanan di Konfeksi Vegol Screen Printing menjadi sah menurut hukum Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hukum Islam, Pembatalan, dan Jual beli salam
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 24 Jan 2023 06:19
Perubahan Terakhir: 24 Jan 2023 06:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11033

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.