Hak Refund Pada Jual Beli Online Perspektif Hukum Islam Dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus : Toko DNA Galeri Online Shopee)

Apriani, Devi (2023) Hak Refund Pada Jual Beli Online Perspektif Hukum Islam Dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus : Toko DNA Galeri Online Shopee). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130100_COVER.pdf

Download (112kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130100_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (667kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130100_BAB I.pdf

Download (365kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_181130100_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (701kB)
[img] Teks
S_HES_181130100_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (534kB)
[img] Teks
S_HES_181130100_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (889kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130100_BAB V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130100_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Berkembanganya zaman yang semakin pesat yang sekarang sudah serba digital, sehingga sangat mempengaruhi masyarakat saat ini yang bisa di sebut masyarakat milenial, segala sesuatunya ingin didapatkan serba instan ataupun praktis. Kecanggihan tekonologi sudah menguasai di semua lini, baik industri, pendidikan, juga pada transaksi jual-beli. Namun tidak menutup kemungkinan semakin mudahnya mendapatkan sesuatu tersebut, semakin tinggi pula resiko yang didapatkan. Pada jual beli kini banyak digunakan jual beli online pada paltform-platform jual beli online yang dinilai sangat membantu dan sangat mudah. Jual beli online ini tentu tidak sedikit menimbulkan masalah dalam perlindugan konsumen terhadap jual beli ini. Banyak nya masyarakat yang menjadi pembeli kecewa terhadap apa yang dia beli tidak sesuai dengan apa yang dia pesan, seperti barang yang ia beli ketika datang tidak sesuai warnanya pada saat dia pesan, atau kualitas barang yang ketika dipesan tidak sesuai dengan gambar yang dipromosikan dan lain sebagainya. Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah salam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah praktek refund pada jual beli online di toko DNA Galeri online Shopee? 2) Bagaimanakah perlindungan hukum terhadap konsumen pada jual beli online berdasarkan Perspektif Hukum Islam dan UU No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui praktek refund pada jual beli online di Toko DNA Galeri Online Shopee. 2) Untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen pada jual beli online berdasarkan Perspektif Hukum Islam dan UU No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yakni kegiatan bertahap yang dilakukan secara ilmiah, dimulainya penentuan topik, lalu pengumpulan data, serta analisis data sehingga dapat menjadi pemahaman tentang topik, gejala, ataupun masalah tertentu. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah para konsumen yang berbelanja di Toko DNA Galeri Online Shopee yaitu Susi Susilawati, gina Anggraeni, Tini Febrianti, Fujiyah, Neng Fitriyani. Sedangkan objek penelitian ini adalah Hak Refund pada Jual Beli Online Shopee di Toko DNA Galeri. Hasil Penelitian ini adalah 1) Praktik khiyar atau yang sekarang lebih dikenal sebagai Refund (pengembelian) di Toko Dna Galeri melalui platform Shpee terjadi karena adanya kesalah yang dilakukan oleh penjual, yaitu Toko DNA Galeri kepada konsumennya. Toko DNA Galeri sudah menyediakan hak refund yang sudah ada pada sistem platform Shopee. sistem refund digunakan untuk konsumen yang merasa kecewa atau merasa adanya ketidaksesuaian antara barang yang dipesan dengan barang yang dikirim pada saat transaksi jual beli online. Tidak bisa dipungkiri, bahwa tidak semua konsumen kalangan masyarakat bisa menjalankan sistem refund ini, dikarenakan ketidak tahuan konsumen pada bagaimana cara me-rifund barang. 2) Perlindungan konsumen yang diatur dalam islam sudah sangat baik dan tidak merugikan penjual dan pembeli. Islam sudah mengatur dengan sangat baik bagaimana agar transaksi jual beli bisa di tahap sukarela atau sama sama ridho atas transaksi jual beli yang dilakukan, meskipun transaksi tersebut dadakan dalam keadaan online (tidak secara langsung bertatap muka). Toko DNA Galeri sudah memenuhi perlindungan konsumen karena di setiap gambar yang tertera di toko DNA Galeri online Shopee, sudah menjelaskan terkait detail produk yang dijual.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Refund, Jual Beli Online, Perlindungan Konsumen
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 340 Hukum > 343 Militer, pajak, perdagangan & industri hukum
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 24 Jan 2023 03:00
Perubahan Terakhir: 24 Jan 2023 03:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11019

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.