Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Akad Gadai dan Cara Penebusan Barang Gadai Dengan Menggunakan Standar Harga Emas (Studi Kasus di Desa Gunung Kendeng Kecamatan Gunung Kencana)

Suhayati, Neng (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Akad Gadai dan Cara Penebusan Barang Gadai Dengan Menggunakan Standar Harga Emas (Studi Kasus di Desa Gunung Kendeng Kecamatan Gunung Kencana). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130220_COVER.pdf

Download (114kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130220_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (475kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130220_BAB I.pdf

Download (398kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_171130220_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (224kB)
[img] Teks
S_HES_171130220_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (390kB)
[img] Teks
S_HES_171130220_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (512kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130220_BAB V.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130220_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Gadai adalah menjadikan barang yang mempunyai nilai harta sebagai jaminan atas hutang, dalam akad gadai ada dua pihak yang yang saling terikat yaitu antara penggadai dan penerima gadai. Teknis akad gadai yaitu dengan cara penggadai menyerahkan barang berharga miliknya kepada penerima gadai yang dijadikan jaminan atas utang yang dipinjamnya. Dalam akad gadai ini barang yang dipinjamkan yaitu berupa emas, dan cara penebusan barang gadai pun dengan menggunakan emas kembali, yang mana pada saat pembayaran harga emas harus distandarisasikan dengan harga yang berlaku pada saat pembayaran. Dalam skripsi ini penulis akan meninjau bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik akad gadai dan cara penebusan barang gadai dengan mengguanakan standar harga emas. Berdasarkan latar belakang diatas, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana praktik gadai dan cara penebusan barang gadai dengan menggunakan standar harga emas yang biasa dilakukan oleh masyarakat Desa Gunung Kendeng Kecamatan Gunung Kencana? 2). Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik akad gadai dan cara penebusan barang gadai dengan menggunakan standar harga emas Desa Gunung Kendeng Kecamatan Gunung Kencana? Penelitian ini bertujuan untuk 1). Untuk mengetahui bagaimana praktik akad gadai dan cara penebusan barang gadai dengan menggunakan standar harga emas yang biasa dilakukan oleh masyarakat Desa Gunung Kendeng Kecamatan Gunung Kencana. 2). Untuk mengetahui bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik akad gadai dan cara penebusan barang gadai dengan meggunakan standar harga emas yang dilakukan oleh masyarakat Desa Gunung Kendeng Kecamatan Gunung Kencana. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu berupa ucapan atau tulisan dan prilaku orang-orang yang diamati dalam suatu konteks tertentu yang dikaji dalam sudut pandang yang utuh. Teknik pengumpulan data kualitatif merupakan pengumpulan data yang bersifat deskriptif, yaitu data berupa hasil wawancara atau observasi yang dikategorikan dalam bentuk foto, dokumen dan lain-lain. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1). Praktik akad gadai dan cara penebusan barang gadai dengan menggunakan standar harga emas yang dilakukan oleh masyarakat Desa Gunung Kendeng Kecamatan Gunung Kencana boleh dan sah untuk dilakukan, karena sudah memenuhi syarat dan rukununnya. Selain itu juga karena praktik akad gadai dan cara penebusan barang gadai ini dilakukan atas dasar saling tolong menolong dan keduanya saling ridha. 2). Menurut tinjauan hukum Islam terhadap praktik akad gadai dan cara penebusan barang gadai dengan menggunakan standar harga emas juga boleh dilakukan. Hal ini berdasarkan atas pendapat para ulama yang menyatakan bahwa akad gadai boleh untuk dilakukan namun tidak diwajibkan. Selain atas kesepakatan para ulama akad gadai juga boleh dilakukan dengan adanya dasar hukum yang terdapat dalam Al-Qur’an, hadis, Ijma serta fatwa MUI.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam > 2x4.225 Rahn
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 24 Jan 2023 02:45
Perubahan Terakhir: 24 Jan 2023 02:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11017

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.