Penundaan Nikah dikalangan Pemuda Kelurahan Kagungan Kecamatan Serang Kota Serang Dalam perspektif Hukum Islam

Hamami, M. Agung (2023) Penundaan Nikah dikalangan Pemuda Kelurahan Kagungan Kecamatan Serang Kota Serang Dalam perspektif Hukum Islam. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_171110101_COVER.pdf

Download (218kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_171110101_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (523kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_171110101_BAB I.pdf

Download (483kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_171110101_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (258kB)
[img] Teks
S_HKI_171110101_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (633kB)
[img] Teks
S_HKI_171110101_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (485kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_171110101_BAB V.pdf

Download (196kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_171110101_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilakukan atas dasar fenomena yang terjadi dikalangan pemuda masyarakat kelurahan kagungan yang menunda pernikahan. Perkawinan adalah perbuatan yang dianjurkan Allah dan Nabi untuk dilakukan oleh kaum muslim, dalam pandangan islam pernikahan itu merupakan sunnah Rasulullah, sunnah Rasul berarti suatu tradisi yang telah diteapkan oleh Rasul untuk dirinya dan kaumnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa faktor penyebab terjadinya penundaan nikah dikalangan pemuda masyarakat Kelurahan Kagungan ?; 2) Bagaimana dampak yang ditimbulkan dari penundaan nikah dikalangan pemuda masyarakat Kelurahan Kagungan?; 3) Bagaimana pandangan hukum Islam tentang penundaan nikah dikalangan pemuda masyarakat Kelurahan Kagungan ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) dampak yang ditimbulkan dari penundaan nikah dikalangan pemuda masyarakat Kelurahan Kagungan; 2) Untuk mengidentifikasi faktor dan alasan yang menyebabkan terjadinya penundaan nikah dikalangan pemuda masyarakat Kelurahan Kagungan; 3) Untuk menganalisis pandangan hukum Islam tentang penundaan nikah dikalangan pemuda masyarakat Kelurahan Kagungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu sebuah penelitian secara langsung terhadap peristiwa data yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara dan observasi. Setelah data terkumpul, maka dilakukan analisis dengan metode analisis kualitatif. Kesimpulannya yaitu alasan-alasan penundaan pernikahan meliputi berbagai macam, di antaranya: kurangnya faktor financial (ekonomi), masih ingin bertanggung jawab dan menjaga orang tua, belum mempunyai kesiapan psikologis untuk mengarungi bahtera rumah tangga, belum mendapat kecocokan terhadap pasanganya, dan trauma terhadap pasangan. Dampak positif yang berakibat bagi pelaku penundaan pernikahan adalah lebih matang dalam mempersiapkan pernikahan sedangkan dampak negatif nya diataranya yaitu dapat melakukan perbuatan yang dilarang agama karena terlalu lama masa tunggu, menjadi labil dan tidak punya pegangan hidup, terbuangnya waktu, tenaga dan uang. Pandangan Hukum Islam tentang penundaan pernikahan disesuaikan dengan alasan-alasan para pelaku dengan mempertimbangkan dampak yang terjadi apabila melakukan perkawinan/pernikahan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): penundaan nikah, pemuda, hukum islam
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.31 Nikah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 20 Jan 2023 08:33
Perubahan Terakhir: 20 Jan 2023 08:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11004

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.