Dakwah Melalui Pendekatan Tarekat (Studi Kasus Majelis Tarekat Qodiriyah Wa Naqsyabandiyyah Wa Syattariyah Misbahul Arifin, Rangkasbitung)

Bahroini, Muhammad (2023) Dakwah Melalui Pendekatan Tarekat (Studi Kasus Majelis Tarekat Qodiriyah Wa Naqsyabandiyyah Wa Syattariyah Misbahul Arifin, Rangkasbitung). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330095_Cover.pdf

Download (106kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330095_Lampiran Depan.pdf

Download (723kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330095_BAB I.pdf

Download (246kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_171330095_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (395kB)
[img] Teks
S_KPI_171330095_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (150kB)
[img] Teks
S_KPI_171330095_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (278kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330095_BAB V.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330095_Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dakwah yang berkembang di masyarakat memiliki beragam metode pendekatan yang dilakukan seorang da’i, salah satunya melakukan dakwah melalui pendekatan tarekat yang ada di majelis Misbahul Arifin. Tarekat adalah suatu cara atau metode ibadah tertentu yang dilakukan oleh seseorang guna mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tarekat Qodiriyyah Wa Naqsyabandiyyah Wa Syattariyyah adalah suatu tarekat gabungan antara tarekat Qodiriyyah, Naqsyabandiyyah, dan tarekat Syattariyyah. Yang didirikan oleh seorang mursyid tarekat dengan gelar Sang Kyai. Penelitian ini berguna untuk mengetahui bagaimana dakwah melalui pendekatan tarekat yang ada di majelis misbahul arifin, serta bagaimana perkembangan dakwah yang di sampaikan melalui pendekatan tarekat. Dalam hal ini Ajaran dalam tarekat diamalkan didalam kehidupan beragama dan sosial di masyarakat, untuk membentuk perubahan perilaku sosial jama’ah Tarekat Qodiriyyah Wa Naqsyabandiyyah Wa Syattariyyah, agar menambah ketaatan beragama dalam menjalin hubungan antara Allah SWT dengan manusia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research), sedangkan sifat penelitian ini bersifat penelitian Deskriptif. Dalam teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Setelah data-data diperoleh, dakwah melalui pendekatan tarekat yang ada di majelis misbahul arifin di analisis menggunakan metode Deskriptif-Kualitatif. Hasil penelitian yang di dapat dalam pendekatan dakwah melalui tarekat di Majelis Misbahul Arifin adalah dakwah melalui Tarekat yang di gunakan oleh kyai Ahmad Mahfudin sangat mudah di pahami oleh para jama’ah majelis secara rasional, baik dalam penjelasan secara langsung maupun di media sosoal, serta prilaku kekeluargaan yang menyentuh kepada hati para jama’ah sehingga kecintaan kepada Allah SWT menjadi bertambah

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Jan 2023 03:36
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10925

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.