Metode Dakwah dalam Pembinaan Nilai-Nilai Agama Masyarakat (Studi Kasus di Kp. Sempu Banten Girang, Kel. Cipare, Kota Serang)

Riyadi, Lutfi (2023) Metode Dakwah dalam Pembinaan Nilai-Nilai Agama Masyarakat (Studi Kasus di Kp. Sempu Banten Girang, Kel. Cipare, Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330031_Cover.pdf

Download (32kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330031_Lampiran Depan.pdf

Download (368kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330031_BAB I.pdf

Download (236kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_171330031_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (372kB)
[img] Teks
S_KPI_171330031_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (460kB)
[img] Teks
S_KPI_171330031_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (208kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330031_BAB V.pdf

Download (17kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330031_Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Secara hakekat dakwah islamiyah merupakan aktualisasi iman yang dimanifestasikan suatu kegiatan manusia yang berpengaruh kepada nilai-nilai ajaran Islam, kegiatan dakwah merupakan suatu aktivitas yang mulia, dimana setiap muslim dapat melakukan amar ma’ruf nahi mungkar, sehingga tujuan dakwah yang hakiki yakni membentuk khairul ummah dapat terwujud, yaitu seorang yang mampu menjalankan ajaran Islam dalam segi kehidupan. Menjalankan aktivitas dakwah memerlukan metode agar dakwah lebih efektif. Dalam penelitian ini peneliti menemukan inti permasalahan dan dijadikan suatu rumusan masalah yaitu 1. Bagaimana penerapan metode dakwah dalam pembinaan nilai-nilai agama masyarakat Kampung sempu Banten Girang? 2. Apa saja faktor penghambat dan pendukung dari penerapan metode dakwah dalam pembinaan nilai-nilai agama masyarakat kampung sempu Banten girang? 3. Bagaimana respon masyarakat terhadap metode dakwah dalam pembinaan nilai-nilai agama di kampung tersebut? Penelitianini menggunakan pendekatan-pendekatan kualitatif deskriptif. Dimana data yang didapatkan adalah melalui beberapa sumber referensi bacaan, obervasi, wawancara dan analisis data. Penulis meneliti dengan mengumpulkan data melalui observasi langsung ke lapangan, terjun langsung ke lapangan dan berinteraksi dengan masyarakat sempu Banten Girang. Peran dakwah dalam meningkatkan pembinaan nilai-nilai agama masyarakat kampung Sempu Banten girang dengan cara tanggung jawab, kejujuran, kasih sayang, tolong menolong, gotong oyong, silaturrahmi. yang diterapkan di kampung sempu banten girang. Metode dakwah dalam penelitian ini menggunakan metode dakwah bil hal dengan cara amar makruf nahi munkar yaitu berbuat atau mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari perbuatan buruk menyampaikan materi dakwah tentangrpentingnya agama dalam masyarakat. Implikasi penelitian ini adalah 1) Diharapkan kepada rpara peneliti berikutnya yang ingin meneliti tentang metode dakwah dalam pembinaan nilai-nilai agama masyarakat, sebaiknya menguasai metode dakwah. 2) Pembinaan nilai-nilai agama di kampung sempu Banten girang merupakan suatu hal yang sangat mendasar yang harus tertanam sejak dini, oleh karena peranrserta keluarga, masyarakat dan pemerintah sangat diperlukan agar masyarakat lebih baik lagi dan memiliki motivasi yang besar untuk menerapkan nilai-nilai agama kepada keluarganya dan masyarakat. 3) Nilai-nilai agama mengenai tentang amar makruf nahi munkar merupakan hak yang mutlak yang harus dijalani oleh setiap pribadi maupun masyarakat itu sendiri. 4) Masalah pembinaan nilai-nilai agama adalah tanggung jawab bersama dan masing-masing pribadi. Oleh karena itu, dengan selesainya skripsi yang sangat sederhana ini dapat menjadi sumbangan pemikiran kepada berbagai pihak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 17 Jan 2023 07:56
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10913

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.