Kajian Kritis Evaluatif Majlis Taklim Terhadap Keberagamaan Remaja di Perkampungan (Studi Evalutif lingkungan Sukajadi Kelurahan Kagungan Kecamatan Serang)

Faris, Muhammad Rizal (2023) Kajian Kritis Evaluatif Majlis Taklim Terhadap Keberagamaan Remaja di Perkampungan (Studi Evalutif lingkungan Sukajadi Kelurahan Kagungan Kecamatan Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330098_Cover.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330098_Lampiran Depan.pdf

Download (461kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330098_BAB I.pdf

Download (305kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_161330098_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (508kB)
[img] Teks
S_KPI_161330098_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (276kB)
[img] Teks
S_KPI_161330098_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (329kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330098_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330098_Daftar Pustaka.pdf

Download (524kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Skripsi ini membahas tentang kegiatan majlis taklim di Lingkungan Sukajadi Kelurahan Kagungan Kecamatan Serang. Majlis taklim sebagai salah satu bentuk pendidikan islam yang bersifat non formal nampak sangat dibutuhkan dikalangan masyarakat islam. Dakwah merupakan bagian yang sangat penting di dalam agama Islam, karena berkembang tidaknya ajaran agama Islam dalam kehidupan masyarakat khususnya dikalangan Remaja yang cikal bakal penerus aktivitas dari berhasil tidaknya dakwah yang dilaksanakan para Dai, sebagai ajaran yang menuntut penyampaian dan penyebaran. Dakwah yang berkembang di kalangan masyarakat memiliki keberagaman motode pendekatan yang dilakukan seorang da’i, salah satunya adalah dengan melakukan pendekatan secara pengajian kecil-kecilan, safari dakwah, dan secara diskusi dakwah. Pendekatan tersebut adalah suatu cara atau metode mengajak para masyarakat khususnya para remaja agar mengikuti pengajian tersebut untuk merubah keberagamaannya. Metode tersebut cukup efektif dalam menjalankan kegiatan dakwah di kalangan masyarakat khususnya di kalangan remaja. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam teknik Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Setelah data-data diperoleh, dakwah melalui pendekatan tersebut yang da’i gunakan di majlis taklim. Tujuan peneiliat ini Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Kajian Kritis Evaluatif majlis taklim dalam mengubah keberagaam remaja kampung sukajadi. Untuk mengetahui bagaimana pola Dai dakwah di majlis taklim dalam mengubah keberagamaan remaja kampung Sukajadi. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Sukajadi Kelurahan Kagungan Kecamatan Serang Adapun hasil yang dicapai oleh Dai di lingkungan Sukajadi melalui pendekatan tersebut yang digunakan oleh KH. Ash’ari Amri dapat dikatakan akan diminati kalangan ibu-ibu, bapak-bapak dan khususnya remaja lingkungan Sukajadi, karena dengan adanya kegiatan-kegiatan dakwah islamiyah majlis taklim yang dilakukan oleh para ibu-ibu, bapak-bapak dan khususnya remaja sedikit dapat membawa perubahan keberagamaan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): kegiatan, Kajian Kritis Evaluatif Majlis Taklim
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.22 Masyarakat da’wah
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Jan 2023 04:19
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10890

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.