Pembinaan Moral Keagamaan di Kalangan Pekerja Seks Komersial (Studi Kasus di Kampung Pulo Manuk Desa Darmasari Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak-Banten)

Misbahudin, Misbahudin (2023) Pembinaan Moral Keagamaan di Kalangan Pekerja Seks Komersial (Studi Kasus di Kampung Pulo Manuk Desa Darmasari Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330104_Cover.pdf

Download (191kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330104_Lampiran Depan.pdf

Download (657kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330104_BAB I.pdf

Download (411kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_171330104_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (301kB)
[img] Teks
S_KPI_171330104_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (131kB)
[img] Teks
S_KPI_171330104_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (192kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330104_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330104_Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pulo Manuk yang dahulunya dikenal dengan pantai tempat wisata,kemudian sejak kedatangan para PSK dari luar kota datang ke Pulo Manuk untuk mendirikan warung remang-remang. Sejak saat itulah Pulo Manuk menjadi tempat praktek-praktek prostitusi. Terlebih lagi, sejak adanya perusahaan semen di Kecamatan Bayah, banyak pekerja Asing yang menyewa jasa PSK, dan saat itu juga warung remang-remang mulai ramai dan berkembang menjadi banyak. Karena semakin maraknya praktek prostitusi di Desa Darmasari, timbul kekhawatiran dari masyarakat setempat terutama dari para ibu. Mereka khawatir jika suami, anak laki-laki, atau bahkan anak perempuan mereka ikut terjerumus dalam praktek prostitusi tersebut. Maka dari itu, para ibu-ibu di sana berinisiatif untuk melakukan pembinaan moral keagamaan, seperti pengajian bagi para PSK di sana agar tersadarkan dari kemaksiatan dan meninggalkan pekerjaan mereka sebagai PSK. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembinaan moral keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Darmasari terhadap Pekerja Seks Komersial?2) Bagaimana pola keberagamaan Pekerja Seks Komersial?3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembinaan moral keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Darmasari terhadap Pekerja Seks Komersial? Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan menggunkan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dari penelitian ini berjumlah 7 orang. Waktu penelitian dimulai dari Desember 2021 sampai dengan April 2022. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Dalam melakukan pembinaan moral keagamaan bagi PSK, masyarakat bersama pemerintah desa melakukan beberapa kegiatan seperti pengajian yang rutin diadakan setiap minggu. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Pemerintahan Desa, diketahui ternyata semua PSK yang ada di Desa Darmasari beragama Islam. Adapun faktor pendukung yang membuat pembinaan moral keagamaan ini berjalan dengan baik, di antaranya adanya inisiatif dari Kepala Desa, warga sekitar, dan Pihak Protokol dan Komunikasi Pimpinan Cabang (Prokopomcab), MUI, dan KUA Kecamatan Bayah. Sementara itu, hambatan-hambatannya, di antaranya pada saat awal kegiatan pengajian dilaksanakan banyak PSK yang tidak hadir, pemahaman warga tentang nilai-nilai agama masih terbatas, sebagian ibu-ibu majelis ta'lim merasa disamakan dengan Para PSK karena mereka ditempatkan di satu ruangan dengan para PSK, dan banyak pihak-pihak atau masyarakat di luar desa yang tidak setuju adanya PSK di Desa Darmasari.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembinaan, Moral Keagamaan, dan Pekerja Seks Komersial
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.22 Masyarakat da’wah
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Jan 2023 02:15
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10884

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.