Komunikasi Interpersonal Orang Tua pada Anak dalam Menumbuhkan Kecintaan Terhadap Al-Qur’an (Studi pada Desa Bejod Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak)

Mulyati, Gita (2023) Komunikasi Interpersonal Orang Tua pada Anak dalam Menumbuhkan Kecintaan Terhadap Al-Qur’an (Studi pada Desa Bejod Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510136_COVER.pdf

Download (159kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510136_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (424kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510136_BAB I.pdf

Download (354kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_181510136_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (447kB)
[img] Teks
S_KPI_181510136_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (226kB)
[img] Teks
S_KPI_181510136_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (434kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510136_BAB V.pdf

Download (152kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510136_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena yang tidak biasa di Desa Bejod, yaitu ditemukan suatu fakta, semakin meningkatnya jumlah anggota keluarga yang menyekolahkan anak-anaknya ke TPA atau mengirimnya mengaji ke rumah-rumah Kiai kala libur panjang pandemi. Meskipun memberikan pendidikan agama pada anak adalah kewajiban bagi orang tua, namun peneliti tertarik pada proses pendekatan yang dilakukan oleh orang tua dalam mempengaruhi anak�anaknya. Adapun masalah yang penulis kemukakan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses komunikasi interpersonal orang tua pada anak dalam menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an di Desa Bejod. (2) Bagaimana bentuk komunikasi interpersonal orang tua pada anak dalam menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an di Desa Bejod. (3) Apa saja kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan orang tua pada anak dalam menumbuhkan kecintaan terhadap Al�Qur’an di Desa Bejod. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi interpersonal orang tua pada anak dalam menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an di Desa Bejod. (2) Untuk mengetahui bagaimana bentuk komunikasi interpersonal orang tua pada anak dalam menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an di Desa Bejod. (3) Untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan orang tua pada anak dalam menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an di Desa Bejod. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) dan kepustakaan (library research), adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 15 orang warga Desa Bejod yang memiliki putra-putri yang di sekolahkan di TPA atau mengaji di rumah Kiai setempat. Sementara metode pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan metode penelitian yang dilakukan, peneliti dapat menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata atau ungkapan dari individu serta perilaku yang diamati. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan, bahwa komunikasi interpersonal orang tua pada anak dalam menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an di Desa Bejod, terjadi secara primer, dalam komunikasi persuasif, terjadi dalam sebuah siklus, dengan sifat komunikasi secara dialogis dan dengan gaya komunikasi asertif dan agresif. Dan kendala yang dihadapi orang tua diantaranya, lingkungan yang tidak mendukung, emosi anak yang tidak stabil, kecanduan gawai, televisi dan lainnya. Serta upaya yang dilakukan orang tua dalam mengatasi kendala adalah diantaranya, dengan membatasi waktu bermain anak bersama teman-temannya, mencoba memahami kondisi anak, membatasi pemakaian gawai, membatasi menonton televisi dan lainnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Komunikasi Interpersonal, Orang Tua, Anak, Cinta Al-Qur’an
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.22 Masyarakat da’wah
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 01:28
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10869

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.