Bimbingan Keagamaan Islam pada Masa Kanak Akhir di SD Tunas Harapan Pasarkemis Tangerang Banten

Zein, Syahnas (2022) Bimbingan Keagamaan Islam pada Masa Kanak Akhir di SD Tunas Harapan Pasarkemis Tangerang Banten. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520019_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (204kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520019_Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520019_Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (592kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520019_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (877kB)
[img] Teks
S_BKI_181520019_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (432kB)
[img] Teks
S_BKI_181520019_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (505kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520019_Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (261kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520019_Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (390kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Bimbingan keagamaan merupakan usaha pemberian bantuan kepada seseorang yang mengalami kesulitan baik secara lahiriah maupun batiniah terkait keagamaannya. Idealnya bimbingan tersebut diberikan sedini mungkin. sebagai pegangan keimanan seorang muslim. Bagi anak yang berada pada masa kanak akhir perlu mendapatkan bimbingan keagamaan sebagai persiapan memasuki masa remaja. Fakta di lapangan ditemui, masih ada siswa/i di SD Tunas Harapan Pasarkemis Tangerang Banten yang masih membutuhkan bimbingan keagamaan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses bimbingan keagamaan Islam di SD Tunas Harapan Pasarkemis Tangerang Banten? 2) Bagaimana hasil pelaksanaan dari proses bimbingan keagamaan Islam pada masa kanak akhir di SD Tunas Harapan Pasarkemis Tangerang Banten? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui proses bimbingan keagamaan Islam pada masa kanak akhir di SD Tunas Harapan Pasarkemis Tangerang Banten. 2) Untuk mengetahui hasil dari bimbingan keagamaan Islam pada masa kanak akhir di SD Tunas Harapan Pasarkemis Tangerang Banten. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara kepada informan yaitu siswa/i di SD Tunas Harapan Pasarkemis Tangerang Banten lima orang kelas 5 dan lima orang kelas 6. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa: 1) Proses bimbingan keagamaan Islam di SD Tunas Harapan Pasarkemis Tangerang Banten diberikan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di SD tersebut menggunakan metode-metode bimbingan keagamaan. 2) Hasil dari proses bimbingan keagamaan Islam di SD Tunas Harapan Pasarkemis Tangerang Banten membuahkan hasil yang baik, siswa/i memahami tentang agama, meningkatkan keinginan untuk beribadah, menjaga perilaku dan tutur katanya, dan lainnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Religious Guidance, Islam, Late Childhood
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 30 Des 2022 04:33
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2024 08:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10828

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.