Analisis Pemahaman Santri Aliyah Terdahap Arti Bacaan Shalat (Studi Kasus di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 1 Gintung, Jayanti, Tangerang)

Idrus, Ahmad (2022) Analisis Pemahaman Santri Aliyah Terdahap Arti Bacaan Shalat (Studi Kasus di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 1 Gintung, Jayanti, Tangerang). Pasca-Doktoral thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120153_COVER.pdf

Download (200kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_182120153_LAMPIRAN DEPAN.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (918kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120153_BAB I.pdf

Download (644kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_182120153_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (994kB)
[img] Teks
T_PAI_182120153_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (222kB)
[img] Teks
T_PAI_182120153_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (844kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120153_BAB V.pdf

Download (199kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120153_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis proses santri aliyah Daar el-Qolam 1 dalam mendapatkan pengetahuan tentang arti bacaan shalat. 2) menganalisis faktor pendukung dan penghambat santri aliyah Daar el-Qolam 1 dalam memahami arti bacaan shalat. 3) menganalisis hasil yang di dapatkan bagi santri aliyah yang memahami dan yang tidak memahami arti bacaan shalat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang menggunakan tiga jenis penelitian yaitu deskriptif, studi kasus dan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini berdasarkan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan. Keabsahan data diperoleh melalui metode triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) proses santri aliyah Daar el-Qolam 1 dalam mendapatkan pengetahuan tentang arti bacaan shalat di dapatkan melalui (a) pengajaran formal yang di dapatkan di sekolah dan lembaga pendidikan, (b) pengajaran non formal yang meliputi pengajaran orang tua di rumah dan pengajaran dari guru ngaji/Ustadz yang di dapatkan ditempat-tempat seperti majelis, masjid dan lain sebagainya. (2) faktor pendukung dan penghambat santri aliyah Daar el-Qolam 1 untuk memahami arti bacaan shalat meliputi (a) faktor internal yaitu kecerdasan/intelegensi siswa, motivasi, minat, rasa percaya diri dan (b) faktor eksternal yaitu keluarga, lingkungan pesantren, hubungan guru dengan santri, teman, peran lembaga pengembangan ibadah santri, pengasuh/pemimpin pesantren dan masyarakat. (3) hasil yang didapatkan bagi santri yang memahami arti bacaan shalat adalah mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, pertimbangan penilaian perilaku dan meneguhkan hati dan menghindarkan dari sifat bakhil. Dan hasil yang didapatkan bagi santri yang tidak memahami arti bacaan shalat adalah mendatangkan perbuatan keji dan mungkar, menjadi lalai terhadap shalat dan menjadikannya orang munafik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Pasca-Doktoral)
Kata Kunci (keywords): Pemahaman, Santri Aliyah, Arti Bacaan Shalat
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Apr 2023 03:28
Perubahan Terakhir: 18 Apr 2023 03:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10775

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.