الجماز في شعر نهضة العلماء لإبراهيم الخليل بغكالان مادورا (دراسة بالغية)

Azizah, Muthliatul (2022) الجماز في شعر نهضة العلماء لإبراهيم الخليل بغكالان مادورا (دراسة بالغية). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360083_Cover.pdf

Download (208kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360083_Lampiran Depan.pdf

Download (875kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360083_BAB I.pdf

Download (615kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BSA_181360083_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (631kB)
[img] Teks
S_BSA_181360083_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (770kB)
[img] Teks
S_BSA_181360083_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (945kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360083_BAB V.pdf

Download (483kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360083_Daftar Pustaka.pdf

Download (562kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Gaya bahasa dalam suatu karya sastra khususnya puisi mempunyai peranan penting dan erat kaitannya dengan aspek keindahan. Dan keindahan merupakan gejala dominan dalam karya sastra pada umumnya. Dalam memaknai puisi, ada yang dapat diartikan secara langsung, itu berarti mengandung makna yang hakiki. Ada pula yang menggunakan bahasa penuh kiasan dan inilah yang disebut majaz. Demikian pula pada syair Nahdlatul Ulama karya Ibrahim Al-Khalili. Syair ini memiliki beberapa bait yang gaya bahasanya menggunakan bahasa kiasan atau tidak dapat diartikan secara langsung. Maka dari itu, peneliti menghubungkan syair ini dengan teori majaz dalam kajian ilmu balaghah. Karena majaz merupakan salah satu bagian dalam ilmu balaghah yang mempunyai peran penting dalam ranah kajian karya sastra yang memiliki keindahan dari segi gaya bahasanya yang indah dan jauh dari kalimat langsung. Dan penelitian ini berasal dari dua rumusan masalah yaitu, jenis majaz apa yang terkandung dalam puisi Nahdlatul Ulama karya Ibrahim Al-Khalili? dan apa makna majaz yang terkandung dalam puisi Nahdlatul Ulama karya Ibrahim Al-Khalili?. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi penulis dan pembaca juga dari segi teoritis dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis, dalam kajian balaghah teori ilmu bayan, dan metode penelitiannya adalah kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari satu sumber, yaitu puisi Nahdlatul Ulama karya Ibrahim Al-Khalili. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi kepustakaan karena data dalam hal ini. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teori majaz dalam kajian ilmu balaghah. Dan di puisi ini penyair menyampaikan bahwa dalam syair ini mengandung 3 point penting, yaitu mengenai sejarah terbentuknya nahdlatul ulama, tentang penyair, dan tentang peran nahdlatul ulama beserta para anggota atau pengikutnya. Dan dalam analisis ini, peneliti menemukan 22 bait yang memiliki majaz. Diantaranya ada 2 jenis majaz aqli,1majaz mursal, dan 19 majaz istiarah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Majaz, Syair, Nahdlatul Ulama, Al-Kholil
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 808 Rhetoric & koleksi sastra
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 28 Des 2022 01:37
Perubahan Terakhir: 28 Des 2022 01:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10767

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.