Tinjauan Hukum Islam & Hukum Positif Terhadap Kebijakan Ayah Sambung dalam Mengasuh Anak Tiri (Studi Kasus di Kampung Buaran Kandang Besar Kelurahan Babakan Kecamatan Tangerang)

Kamilah, Durrotul (2022) Tinjauan Hukum Islam & Hukum Positif Terhadap Kebijakan Ayah Sambung dalam Mengasuh Anak Tiri (Studi Kasus di Kampung Buaran Kandang Besar Kelurahan Babakan Kecamatan Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110139_COVER.pdf

Download (28kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110139_Lampiran Depan.pdf

Download (398kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110139_BAB I.pdf

Download (272kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_181110139_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (289kB)
[img] Teks
S_HKI_181110139_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (311kB)
[img] Teks
S_HKI_181110139_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (328kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110139_BAB V.pdf

Download (79kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110139_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Akibat dari perceraian seringkali menciptakan sebuah jarak antara anak dengan orang tuanya. Anak menjadi hidup dengan orang tua tunggal, semisal dengan ibu saja. Anak yang masih kecil dalam pertumbuhannya membutuhkan sosok ayah. Meskipun hak asuh anak jatuh kepada ibunya, seorang ayah kandung masih berkewajiban menafkahi anaknya sampai dengan si anak dewasa dengan turut membantu mantan istri dalam mengasuh anak. Pada kasus yang ada di Kampung Buaran Kandang Besar Kelurahan Babakan, beberapa ayah sambung secara sukarela mengasuh anak tirinya. Ada yang dari kecil sampai sudah dewasa. Sebab, ayah kandungnya sudah tidak mempedulikan lagi. Adapun dalam tinjauan hukum Islam dan hukum Positif, yang berkewajiban mengasuh hingga menafkahi anak adalah ayah kandungnya. Tidak ditemukan aturan khusus ayah sambung untuk wajib memberikan nafkah kepada anak tirinya. Berdasarkan latar belakang di atas, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana kebijakan ayah sambung dalam mengasuh anak tiri? 2. Bagaimana Analisa tinjauan hukum Positif & hukum Islam terhadap kebijakan ayah sambung dalam mengasuh anak tiri? Tujuan penelitian ini : 1. Untuk mengetahui penerapan kebijakan ayah sambung dalam mengasuh anak tirinya. 2. Untuk mengetahui tinjauan hukum Islam & hukum Positif terhadap kebijakan ayah sambung dalam mengasuh anak tiri. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengunakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Sumber primer merupakan perolehan data dari hasil wawancara, dan data sekunder yaitu memperoleh data dari dari buku-buku. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa : Terdapat beberapa ayah sambung di Kampung Buaran Kandang Besar kelurahan Babakan yang secara sukarela memberikan nafkah kepada anak tirinya, bahkan dari masih bayi sampai dengan dewasa dan menikah. Ayah sambung yang peneliti wawancara berprilaku sebagai ayah sambung yang baik dan mau menafkahi anak tirinya. Tidak hanya menafkahi, beberapa ayah sambung tersebut juga mengayomi anak tirinya, memberikan kasih sayang serta mendidik anak tiri. Hasil penelitian ini juga tidak ditemukan baik dalam hukum Islam maupun perundang-undangan mengatur secara khusus pemberian nafkah kepada anak tiri. Kebutuhan anak akan tetap ditanggung oleh ayah kandungnya, bukan ayah sambungnya. Hanya saja dari hasil penelitian wawancara dengan narasumber, ayah sambung menerapkan kebijakan untuk memberi nafkah kepada anak tirinya

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Ayah Sambung, Anak Tiri, Nafkah, Hak Anak, kebijakaK
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Apr 2023 03:38
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 03:04
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10730

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.