Jual Beli Plat Nomor Kendaraan Bermotor yang Dimodifikasi Ditinjau dari Hukum Islam dan Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Studi Kasus di Kota Serang)

Kurnia, Wiwin (2022) Jual Beli Plat Nomor Kendaraan Bermotor yang Dimodifikasi Ditinjau dari Hukum Islam dan Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Studi Kasus di Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_181130123_HES_COVER.pdf

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_181130123_HES_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (515kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_181130123_HES_BAB I.pdf

Download (412kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_181130123_HES_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (235kB)
[img] Teks
S_181130123_HES_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (576kB)
[img] Teks
S_181130123_HES_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (459kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_181130123_HES_BAB V.pdf

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_181130123_HES_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Plat Nomor Kendaraan adalah salah satu jenis tanda registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang telah terdaftar di Kantor Samsat. Pada praktik jual beli plat kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan yang ditinjau menurut undang-undang yang berlaku dan Hukum Islam yang mengakibatkan para pemilik kendaraan menjadi tidak tertib dalam mematuhi aturan berkendara terutama dalam penggunaan plat nomor kendaraan bermotor. Perumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan jual beli plat nomor kendaraan yang dimodifikasi di Kota Serang. 2) Bagaimana Jual Beli Plat Nomor Kendaraan yang dimodifikasi Menurut UU RI No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. 3) Bagaimana Pandangan Hukum Islam mengenai jual beli plat nomor kendaraan bermotor yang dimodifikasi. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk Mengetahui praktik pelaksanaan jual beli plat nomor kendaraan bermotor yang dimodifikasi, praktik jual beli plat nomor kendaraan ditinjau dari UU no. 22 tahun 2009 tentang LLAJ dan pandangan hukum Islam tentang jual beli plat nomor kendaraan bermotor yang dimodifikasi. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif, dengan analisis sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara dengan informan yaitu penjual dan pembeli plat kendaraan serta petugas kepolisian Kota Serang, data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal dan peraturan perundang-undangan serta sumber-sumber lain yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi serta dilengkapi dengan data atau dokumentasi. Kesimpulan yang dapat diambil adalah: 1) Jual beli plat nomor kendaraan di Kota Serang merupakan bentuk usaha yang cukup membantu bagi para pemilik kendaraan dengan beberapa alasan yaitu karena plat asli yang belum dikeluarkan oleh Samsat yang membutuhkan waktu yang cukup lama serta adanya kerusakan pada plat nomor atau hilangnya plat nomor, sehingga memotivasi para pemilik kendaraan membeli plat kendaraan tidak resmi dan melanggar tata tertib berkendara. 2) Menurut ketentuan UU No. 22 Tahun 2009 Tentang LLAJ, Pasal pelanggar plat nomor jika pemilik kendaraan bermotor melanggar ketentuan tersebut maka terancam hukuman yang tercantum dalam Pasal 280, bahwa: “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah). 3) Pelaksanaan akad jual beli ini tidak sesuai dengan etika Islam dan termasuk jual beli yang dilarang karena mengandung unsur penipuan dan pemalsuan yang jelas dilarang oleh undang-undang yang berlaku di Indonesia, hal tersebut tentu sangat tidak dibenarkan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hukum Islam, Jual Beli
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 340 Hukum
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Apr 2023 07:22
Perubahan Terakhir: 18 Apr 2023 07:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10717

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.