فوائد الأفعال الثلاثية المزيدة في سوة يس (دراسة صرفية)

Lendra, Muhammad Surya (2022) فوائد الأفعال الثلاثية المزيدة في سوة يس (دراسة صرفية). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360026_Cover.pdf

Download (175kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360026_Lampiran Depan.pdf

Download (964kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360026_BAB I.pdf

Download (693kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BSA_181360026_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_BSA_181360026_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (602kB)
[img] Teks
S_BSA_181360026_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360026_BAB V.pdf

Download (318kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360026_Daftar Pustaka.pdf

Download (780kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Allah Swt. telah menjaga al-Quran dari segala bentuk perubahan, penggantian, penambahan, dan pengurangan. Termasuk dalam praktiknya Allah Swt. menghadirkan hamba-hambanya yang dapat memahami ilmu-ilmu yang berkaitan al-Quran demi menjaga keaslian al-Quran, seperti ilmu s}araf dan nahwu. Seperti dijelaskan dalam firman Allah Swt. Q.S. al-Hijr ayat 9 yang berbunyi ‚Sesungguhnya kami yang telah menurunkan adz-Dzikr (al-Quran) dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya‛. Peneliti memilih topik Fi’il S|ula>si> Mazi>d, sebagaimana diketahui bahwa Fi’il S|ula>si> Mazi>d merupakan Fi’il yang mengalami penambahan huruf, dengan penambahan satu huruf hingga tiga huruf. Dan dari penambahan tersebut terjadi pergeseran makna, yang menyebabkan ketidak konsistenan pada makna asalnya. Dan peneliti memilih al-Quran sebagai objek penelitian dan memfokuskan penelitian pada surat Yasi>n karena surat Yasi>n merupakan inti dari al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah bentuk Fi’il S|ula>si> Mazi>d didalam surat Yasi>n, faidah-faidahnya, beserta makna-makna ayat yang mengandung Fi’il S|ula>si> Mazi>d didalam surat Yasi>n. Tidak lain hal ini merupakan salah satu upaya dalam menjaga keaslian al-Quran sebagai bentuk kecintaan kepada al-Quran tersebut. Metode yang digunakan adalah metode analisis kualitatif deskriftif, yaitu dengan mengumpulkan data-data dari berbagai sumber seperti catatan, buku-buku, dan lainnya yang berhubungan dengan judul ini. Peneliti menyimpulkan bahwa didalam surat Yasi>n terdapat 44 ayat yang mengandung Fi’il S|ula>si> Mazi>d dengan jumlah keseluruhan 69 Fi’il. Terdiri dari 6 wazan fi’il yaitu wazan af’ala dengan faidah ta’diyyah dan s}ayru>rah s}ahibi say’in, wazan fa’ala dengan faidah ta’diyyah dan nisbatu al-maf’uli ila> as}li al-fi’li, wazan ifta’ala dengan faidah mut}awa’ah (fa’ala), dila>latu ‘ala ikhtiya>r, tasya>ruk, dan tas}aruf bi ijtiha>di wa mubalagati wa ta’mali, wazan infa’ala dengan faidah mut}awa’ah, wazan tafa’ala dengan faidah mut}awa’ah (fa’ala), dan wazan istaf’ala dengan faidah mut}awa’ah (af’ala) dan wijda>n.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 400 Bahasa > 490 Bahasa lainnya > 492 Afro-Asiatik bahasa; bahasa Semit
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 28 Des 2022 01:44
Perubahan Terakhir: 28 Des 2022 01:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10689

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.