Penguasaan Harta Warisan oleh Anak Tiri Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus di Kelurahan Salembaran Jaya, Kec. Kosambi, Kab. Tangerang)

Al Husniah, Al Husniah (2022) Penguasaan Harta Warisan oleh Anak Tiri Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus di Kelurahan Salembaran Jaya, Kec. Kosambi, Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110040_COVER.pdf

Download (30kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110040_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (421kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110040_BAB I.pdf

Download (468kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_181110040_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (495kB)
[img] Teks
S_HKI_181110040_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (413kB)
[img] Teks
S_HKI_181110040_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (336kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110040_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110040_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ahli waris adalah mereka yang masih hidup dan mempunyai hak waris ketika pewaris meninggal dunia, yakni ada hubungan darah dan tidak ada halangan untuk mewarisi. Menurut Kompilasi Hukum Islam Pasal 171 Huruf c, Ahli waris adalah orang yang pada saat meninggal dunia mempunyai hubungan darah dan hubungan perkawinan dengan pewaris, beragama Islam, meninggalkan ahli waris dan harta peninggalan. Di dalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata Pasal 832 juga menjelaskan, bahwa yang berhak untuk menjadi ahli waris ialah para keluarga sedarah, baik yang sah maupun luar perkawinan dan suami atau isteri yang hidup terlama. Namun yang terjadi di Kelurahan Salembaran Jaya malah sebaliknya. Harta peninggalan tersebut dikuasai oleh anak tirinya, keluarga dari pewaris tidak ada satupun yang mendapatkannya sehingga terjadi perselisihan diantara keluarga. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam peneliti ini adalah : 1. Bagaimana Penguasaan Harta Warisan oleh Anak Tiri di Kelurahan Salembaran Jaya, 2. Pandangan Hukum Islam dan Hukum Positif tentang Penguasaan Harta Warisan oleh Anak Tiri di Kelurahan Salembaran Jaya, 3. Bagaimana solusi dari permasalahan Penguasaan Harta Warisan oleh Anak Tiri di Kelurahan Salembaran Jaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui Bagaimana Penguasaan Harta Warisan oleh Anak Tiri di Kelurahan Salembaran Jaya, 2. Pandangan Hukum Islam dan Hukum Positif tentang Penguasaan Harta Warisan oleh Anak Tiri di Kelurahan Salembaran Jaya, 3. Untuk mengetahui Solusi dari permasalahan Penguasaan Harta Warisan oleh Anak Tiri di Kelurahan Salembaran Jaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan langsung di Kelurahan Salembaran Jaya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, untuk mengetahui secara jelas apa yang terjadi di lokasi penelitian yang berkenaan dengan Penguasaan Harta Warisan oleh Anak Tiri dan pengumpulan data dalam penelitian lapangan ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1. Terjadinya penguasaan harta warisan oleh anak tiri yang terjadi di Kelurahan Salembaran Jaya, karena pewaris tidak mempunyai keturunan atau anak kandung, yang ada hanya anak tiri atau anak bawaan dari istri pewaris yang sebelumnya sudah menikah, dan pewaris masih memiliki saudara kandung namun keluarga dari pewaris tidak mendapatkan harta tersebut, hal itulah yang menjadi konflik dalam penguasaan harta warisan, 2. Menurut hukum Islam dan hukum positif, tidaklah diperbolehkan anak tiri menguasai harta warisan, karena tidak sesuai dengan syariat Islam dan melanggar ketentuan Undang-Undang Hukum Perdata, 3. Solusi dari penguasaan harta warisan oleh anak tiri di Kelurahan Salembaran Jaya, sebaiknya melakukan musyawarah antara keluarga, dan jika musyawarah tersebut tidak berhasil sebaiknya keluarga pewaris melakukan penyelasaian lebih lanjut melalui jalur hukum non litigasi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.4 Hukum Waris / Faraid
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Des 2022 03:01
Perubahan Terakhir: 14 Des 2022 03:01
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10654

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.