Tinjauan Hukum Islam dalam Pembagian Harta Warisan untuk Istri yang Kedua (Studi Kasus di Desa Kedaung Barat Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang)

Ahsan, Alva (2022) Tinjauan Hukum Islam dalam Pembagian Harta Warisan untuk Istri yang Kedua (Studi Kasus di Desa Kedaung Barat Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110136_COVER.pdf

Download (124kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110136_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (334kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110136_BAB I.pdf

Download (496kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_181110136_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (216kB)
[img] Teks
S_HKI_181110136_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (552kB)
[img] Teks
S_HKI_181110136_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (335kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110136_BAB V.pdf

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110136_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Adanya sebuah permasalahan dalam pembagian warisan sudah menjadi rahasia umum pada masyarakat Indonesia, permasalahan yang disebabkan oleh ketidakadilan dan ketidaksesuaian pembagian harta kerap ditemui ketika terjadinya pembagian warisan, seperti yang terjadi pada salah satu keluarga di Desa Kedaung Barat. Pembagian waris yang dilakukan oleh masyarakat Desa Kedaung Barat untuk istri kedua, hanya istri pertama yang mendapatkan bagian dari harta warisan, dengan alasan istri kedua ketika menikah tidak membawa harta. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembagian harta warisan untuk istri kedua di Desa Kedaung Barat? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam dalam pembagian harta warisan untuk istri yang dipoligami di Desa Kedaung Barat? Tujuan penelitian penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pembagian harta warisan untuk istri yang kedua di Desa Kedaung Barat. 2) Untuk mengetahui analisis hukum Islam dalam pembagian harta warisan untuk istri kedua di Desa Kedaung Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan empiris, dengan analisis sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara kepada ahli waris, data sekunder diperoleh dari buku-buku dan jurnal yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: 1) Pembagian harta warisan untuk istri kedua di Desa Kedaung Barat pada praktik pembagiannya masyarakat ada yang menggunakan hukum adat saja, ada yang menggunakan pembagian waris Islam saja dan ada yang menggunakan dua hukum sekaligus yaitu pembagian waris hukum Adat dan hukum Islam. 2) Tinjauan hukum Islam dalam pembagian harta warisan terhadap istri kedua di Desa Kedaung Barat tidak sesuai dengan pembagian waris menurut hukum Islam, seperti yang tertera pada Kompilasi Hukum Islam dan ilmu faraid.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hukum Islam, Poligami dan Waris
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.4 Hukum Waris / Faraid
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Des 2022 03:06
Perubahan Terakhir: 14 Des 2022 03:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10651

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.