Tinjauan Hukum Islam tentang Perlindungan dan Pengasuhan Anak di Era Modern (Studi di Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Serang)

Rizkoh, Umi Wasiati (2022) Tinjauan Hukum Islam tentang Perlindungan dan Pengasuhan Anak di Era Modern (Studi di Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110061_COVER.pdf

Download (98kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110061_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (486kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110061_BAB I.pdf

Download (505kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_181110061_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (320kB)
[img] Teks
S_HKI_181110061_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (539kB)
[img] Teks
S_HKI_181110061_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (335kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110061_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110061_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kasus dan permasalahan anak yang kurangnya perhatian dan tidak mendapatkan pengasuhan yang baik dari orang tuanya. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan DKBPPPA, dan untuk memahami tujuan dari DKBPPPA yang ingin dicapai, serta pesan-pesan yang disampaikan DKBPPPA. Berdasarkan dari latar belakang di atas, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana Konsep dan upaya yang dilakukan DKBPPPA Kab.Serang terkait Perlindungan dan Pengasuhan Anak di Era modern, dan 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap program dan upaya yang dilakukan DKBPPPA Kab.Serang terkait Perlindungan dan pengasuhan anak di Era modern. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk : 1. Untuk mengetahui Konsep dan upaya yang diterapkan DKBPPPA terkait Perlindungan dan Pengasuhan Anak di era modern, 2. Untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap Konsep dan upaya yang dilakukan DKBPPPA terhadap Perlindungan dan Pengasuhan Anak di Era modern. Jenis dari penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan ke tempat penelitian. data yang diperoleh penulis melalui observasi dan survei ke tempat penelitian, serta wawancara dengan warga dan DKBPPPA Kabupaten Serang. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah : Di masa era modern banyak sekali kasus dan permasalahan yang salah dalam praktik pengasuhan kepada anaknya, banyak yang kurangnya keperdulian dan perhatian kepada anaknya. Dalam rangka mencegah tindakan seperti itu maka yang dilakukan DKBPPPA bidang perlindungan anak melakukan program dan kegiatan berupa sosialisasi. 1. Adapun upaya yang dilakukan yaitu: Mengadakan sosialisasi kepada masyarakat terutama kepada para orangtua, mengadakan kegiatan di setiap kecamatan dengan membentuk desa layak anak. DKBPPPA juga memberikan arahan dan sosialisasi dan BIMTEK kepada pengurus-pengurus Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A). Dan DKBPPPA juga meminta bantuan kepada tokoh agama untuk meneruskan kembali pesan-pesan yang telah disampaikan DKBPPPA supaya masyarakat bisa lebih memahami terkait pesan-pesan yang sudah disampaikan, 2. Menurut hukum Islam bahwa program kegiatan yang dilakukan DKBPPPA sudah sesuai dengan KHI dan dasar hukum Islam. Bahwa dilihat dari adanya tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan oleh DKBPPPA ini yaitu untuk menyadarkan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama kepada masyarakat untuk menerapka sistem Perlindungan dan Pengasuhan anak sesuai dengan apa yang terkait dalam dasar hukum dan syariat Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.37 Menyusui dan mengasuh/memelihara anak
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Des 2022 06:46
Perubahan Terakhir: 14 Des 2022 06:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10643

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.