Perspektif Tokoh Muslimat Nahdlatul Ulama terhadap Marital Rape (Kekerasan Seksual dalam Perkawinan) (Studi di Kabupaten Tangerang)

Susilawati, Susilawati (2022) Perspektif Tokoh Muslimat Nahdlatul Ulama terhadap Marital Rape (Kekerasan Seksual dalam Perkawinan) (Studi di Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110020_Cover.pdf

Download (199kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110020_Lampiran Depan.pdf

Download (925kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110020_BAB I.pdf

Download (538kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_181110020_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (880kB)
[img] Teks
S_HKI_181110020_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (360kB)
[img] Teks
S_HKI_181110020_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (552kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110020_BAB V.pdf

Download (289kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110020_Daftar Pustaka.pdf

Download (400kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Salah satu tujuan dari perkawinan adalah untuk menyalurkan hasrat seksual. Dalam menyalurkan hasrat seksual tersebut, terkadang suami melakukan dengan tidak memperdulikan kondisi istri atau dengan kekerasan. Hal tersebut, tentu mengesampingkan keseimbangan antara hak dan kewajiban suami dan istri. Suami yang memaksakan hubungan seksual, jarang dimunculkan kepermukaan oleh istrinya, karena lemahnya kedudukan istri dalam keluarga dan masyarakat yang menjadi salah satu penyebab. Menurut pandangan tokoh Muslimat NU Kabupaten Tangerang sendiri menganggap bahwa kekerasan seksual adalah hal dilarang, karna dampaknya sangat berbahaya bisa menyerang fisik, psikis, atau bahkan bisa mengakibatkan perceraian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pandangan Muslimat Nahdlatul Ulama kabupaten Tangerang terhadap Marital Rape, 2. Apa faktor dan dampak dari Marital Rape, 3. Bagaimana cara pencegahan masalah Marital Rape. Tujuan utama yang ingin diungkap dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Mengetahui pandangan Muslimat Nahdlatul Ulama kabupaten Tangerang terhadap Marital Rape, 2. Menganalisis apa saja faktor dan dampak dari Marital Rape, 3. Mengetahui bagaimana cara pencegahan masalah Marital Rape. Adapun Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sementara metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan sekunder yang dianalisis dengan metode yuridis empiris, yaitu apa yang dinyatakan oleh responden secara tertulis atau lisan dan perilaku yang nyata. Data Primer peneliti dapatkan dari hasil wawancara dengan 4 orang para pihak untuk mengetahui pendapatnya tentang Marital Rape. Data Sekunder, adalah data yang diperoleh dari sumber kedua sesudah data primer. Data sekuder dalam penelitian ini berupa buku, disertasi, jurnal, dokumen, dan perundangan-undangan yang berkaitan dengan penelitian tersebut. Hasil dari penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa: 1. marital rape ialah tindakan kekerasan seksual dalam rumah tangga yang dapat dilakukan suami terhadap istri atau istri terhadap suami, agar mendapatkan kenikmatan seksual meskipun tanpa persetujuan, pelaku menggunakan cara memaksa pada korban. 2. Penyebab terjadinya marital rape diantaranya kurangnya sikap saling menghargai, menghormati dari kedua belah pihak, hasrat seksual yang tinggi sehingga pelaku tidak bisa mengontrol, dan kurangnya pemahaman ilmu agama sehingga mencerminkan perilaku yang buruk terhadap pasangan, 3. Memberikan konseling sekaligus advokasi agar korban mengetahui bahwa haknya terlanggar, dan berani melakukan upaya untuk menolaknya, memberikan edukasi dan literasi kepada pelaku bahwa perbuatannya melanggar hak korban, tidak sejalan dengan hukum, baik hukum agama maupun hukum negara serta bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Marital Rape, Rumah Tangga, Muslimat
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 306 Budaya & lembaga
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Des 2022 06:59
Perubahan Terakhir: 14 Des 2022 06:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10639

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.